Kenalkan Danica Patrick, Ratu Balap Amerika Serikat

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 43 2237561 kenalkan-danica-patrick-ratu-balap-amerika-serikat-7Ubtmyd4a1.jpg Danica Patrick (Foto: Daylife)

WISCONSIN – Dunia balap identik dengan kaum Adam, tetapi ada juga perempuan yang bisa berjaya di atas sirkuit. Danica Patrick adalah nama yang tepat untuk dikulik, jika berbicara mengenai kekuatan perempuan di dunia balap. Lalu, siapakah Danica?

Perempuan yang memiliki nama lengkap Danica Sue Patrick ini, lahir pada 25 Maret 1982, di Beloit, Wisconsin, Amerika Serikat (AS). Sejak kecil, Danica sudah menunjukkan ketertarikan terhadap dunia balap, terutama roda empat. Saat berumur 10 tahun, Danica memulai karier balapnya dengan go-kart.

Danica Patrick (Foto: Istimewa)

Danica kemudian memutuskan pindah ke Inggris untuk memajukan karier balapnya, saat berumur 16 tahun. Danica waktu itu tampil apik Formula Fords dan Vauxhalls di Inggris. Danica menempati possi kedua di Formula Fords, yang jadi modal berharganya untuk terjun ke dunia balap profesional di masa depan.

BACA JUGA: Alica Schimdt, Pelari Andalan Jerman Ini Berikan Tips agar Bisa Fokus Latihan

Setelah tiga tahun berjuang di Eropa, Danica pun pulang ke AS pada 2002. menandatangani kontrak pertamanya dengan mantan pembalap Indy, Bobby Rahal. Danica lalu berlaga di Toyota Formula Atlantic open-wheel cars. Penampilan Danica cukup kompetitif tetapi tidak ada kemenangan yang diraihnya.

Pada 2005, Danica akhirnya berlaga di IndyCar. Perjalanan Danica di IndyCar tidaklah mudah. Dia bahkan pernah mengalami kecelakaan parah, tetapi tidak menyerah. Usaha keras Danica baru berbuah hasil pada 2008, saat memenangkan IndyCar 300 Twin Ring Motegi, Jepang. Danica pun jadi satu-satunya perempuan yang pernah memenangkan balapan IndyCar.

Pada 2012, Danica mencoba untuk terjun ke NASCAR sambil tetap membalap di IndyCar. Danica pindah sepenuhnya ke NASCAR pada 2012. Penampilan Danica di NASCAR tidak buruk, tetapi banyak hal yang harus dipelajarinya lebih dulu. Pada 2013, Danica baru mampu meraih kemenangan di NASCAR. Dia pun jadi pembalap wanita pertama yang memenangi Nascar Sprint Cup Series Pole.

Danica menutup karier balapnya yang penuh prestasi pada 2018, tetapi ia gagal melakukannya dengan manis. Ketika balapan di Sirkuit Indianapolis, Danica mengalami kecelakaan di putaran ke-68 sehingga gagal finis. Balapan terakhir Danica tidak berakhir dengan kemenangan, tetapi itu tidak menghapus fakta bahwa Danica adalah ratu balap AS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini