Cerita I Gede Siman Sudartawa Soal Pola Latihan di Tengah Pandemi Covid-19

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 20:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 21 43 2233907 cerita-i-gede-siman-sudartawa-soal-pola-latihan-di-tengah-pandemi-covid-19-PuGQIxJ4Lq.jpg I Gede Siman Sudartawa (Foto: INASGOC)

JAKARTA – Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, membeberkan cara yang dilakukannya untuk menghindari covid-19. Peraih empat medali emas SEA Games 2011 itu menjelaskan ada beberapa langkah yang harus dilakukan ia dan rekan-rekan perenang lain sebelum memulai latihan.

Seperti cabang olahraga lain, PRSI juga menerapkan protokol kesehatan agar para atletnya terhindar dari covid-19. Siman menjelaskan, sebelum melakukan latihan, ia terlebih dulu melewati beberapa tes seperti pengecekan suhu dan menggunakan masker saat sebelum dan sesudah berenang.

“Rata-rata kita pribadi melakukan tes dulu, kemudian baru mulai latihan. Setelah latihan kita juga tidak ada interaksi sama teman-teman. Latihan beres, kemudian beberapa ada yang langsung pulang, beberapa mandi, tetapi bergantian. Jadi, benar-benar ada social distancing,” ujar Siman pada wawancara online bersama BNPB.

Baca juga: Cabor Renang Sumbang Medali Perak untuk Indonesia di SEA Games 2019

“Untuk renang, saya pribadi latihannya jadi dua sampai tiga kali per minggu. Sesinya di pagi hari dari jam 06.00-08.00. Perlintasan itu, kalau kemarin-kemarin satu orang satu lintasan. Jarak lintasan 2 meter, jadi memenuhi syarat agar virus tak menular,” sambungnya.

Lebih lanjut, Siman juga mengatakan kolam untuk berlatih tersebut belum terbuka untuk umum. Menurutnya, hal itu merupakan keputusan tepat karena bagian dari syarat keamaan dan protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

“Kolam renang juga tak terbuka untuk umum, jadi untuk pelatnas saja. Jadi, aman. Begitu mau masuk kolam, kita cek suhu, menggunakan masker, dan segala macam,” tandas Siman.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini