Profil Aya Ohori, Calon Ratu Bulu Tangkis Asia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 40 2232630 profil-aya-ohori-calon-ratu-bulu-tangkis-asia-yqolpYamO0.jpg Aya Ohori saat berlaga di Indonesia Open 2019 (Foto: Djarum Badminton)

PECINTA bulu tangkis Tanah Air dihebohkan dengan paras menarik seorang pemain tunggal wanita Jepang, Aya Ohori. Apalagi, perempuan kelahiran Aizuwakamatsu itu sukses mengantarkan timnya menyabet medali emas cabang bulu tangkis untuk nomor tim.

Karier bulu tangkis Aya Ohori dimulai pada usia enam tahun, sebagaimana pengakuannya kepada laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Menekuni olahraga tepok bulu sejak kecil, membuatnya memiliki segudang prestasi di level yunior.

Baca juga: 2 Atlet Ini Banting Setir Jadi Bintang Film Dewasa

Aya Ohori ketika menjadi model (Foto: Instagram/@ayatoriiiii)

Pebulu tangkis bertinggi badan 169 sentimeter (cm) itu tercatat meraih dua medali emas pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Yunior. Satu medali diraih pada 2012 untuk kategori tim, sementara satu lagi dimenangi pada 2013 di Kota Kinabalu, Malaysia, untuk nomor individu.

Sayangnya, peruntungan Aya Ohori kurang bagus ketika menginjak level dunia. Ia hanya mampu dua kali menjadi runner-up Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Yunior pada 2012 dan 2013. Sama seperti di Asia, medali pertama diraih bersama tim, sedangkan yang kedua adalah nomor individu.

Aya Ohori sepertinya memang ditakdirkan menjadi ratu bulu tangkis di Asia. Pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia level senior, perempuan berusia 23 tahun itu dua kali meraih medali emas untuk nomor tim, yakni pada 2018 dan 2020.

Rekor yang dipegang Aya Ohori sepanjang kariernya pun cukup apik. Ia mampu menang sebanyak 171 kali dan kalah pada 100 gim. Kini, perempuan bertangan kidal itu duduk di peringkat 19 dunia versi BWF dan bukan tidak mungkin akan menjadi calon ratu bulu tangkis di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini