F1 GP Belanda Tak Mungkin Digelar Tahun Ini

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 37 2221390 f1-gp-belanda-tak-mungkin-digelar-tahun-ini-JqNSQF4BDo.jpg Para pembalap F1. (Foto: Twitter F1)

ZANDVOORT – Satu lagi seri balapan di Formula One (F1) 2020 yang harus terkena imbas dari merebaknya virus corona. Pihak penyelenggara telah memastikan F1 Grand Prix (GP) Belanda 2020 tidak bisa digelar.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh mantan pembalap F1 yang kini menjadi Direktur Olahraga GP Belanda, Jan Lammers. Ia mengatakan bahwa pihaknya sejatinya sudah berjuang untuk bisa tetap menggelar balapan yang awalnya dijadwalkan berlangsung pada 3 Mei 2020 itu.

Para pembalap F1

Status balapan yang digelar di Sirkuit Zandvoort, Belanda, ini pun awalnya diubah menjadi ditunda. Tetapi, melihat situasi saat ini, Lammers mengatakan bahwa balapan akan sulit digelar, meski tanpa kehadiran penonton.

BACA JUGA: Mercedes Diharapkan Berani Ikuti Jejak Ferrari dan Red Bull

Lammers pun meminta para penggemar F1 di Belanda untuk lebih bersabar menanti comeback balapan di Sirkuit Zandvoort yang sudah 35 tahun tak terlihat. Balapan F1 di sirkuit tersebut terakhir kali terjadi pada 1985. F1 GP Belanda pun rencananya akan digelar pada tahun depan.

"Kami benar-benar siap untuk balapan pertama ini. Kami dan Formula 1 telah menyelidiki potensi untuk mengadakan balapan yang dijadwalkan ulang pada tahun ini tanpa penonton. Kami ingin merayakan momen ini, kembalinya F1 di Zandvoort, bersama dengan penggemar balap kami di Belanda,” ujar Lammers, sebagaimana dikutip dari laman resmi F1, Jumat (29/5/2020).

“Kami meminta semua orang untuk bersabar. Saya harus menunggunya selama 35 tahun, jadi saya pikir kita bisa menunggu satu tahun lagi,” lanjutnya.

Pembatalan F1 GP Belanda 2020 pun telah menambah panjang balapan yang tak bisa digelar sesuai jadwal pada musim ini. Total, sudah ada 10 balapan F1 musim ini yang harus ditunda dan dibatalkan. Selain GP Belanda, perlombaan di Australia, Monte Carlo, dan Prancis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini