nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Ancam Penyelenggaraan MotoGP Qatar 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 13:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 27 38 2174948 virus-korona-ancam-penyelenggaraan-motogp-qatar-2020-sqaUG9sOTh.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: Laman resmi MotoGP)

LOSAIL – Penyelenggaraan balapan perdana di MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret 2020, dapat terganggu akibat wabah virus korona. Menjangkitnya wabah tersebut di sejumlah negara, khususnya Jepang dan Italia, dinilai bisa berdampak pada penyelenggaraan balapan MotoGP Qatar 2020.

Sebagaimana diwartakan Speedweek, Kamis (27/2/2020), menjangkitnya virus korona di Italia dan Jepang telah menyebabkan banyak kru tim MotoGP yang berasal dari dua negara tersebut ditolak masuk ke Qatar. Sebab, Pemerintah Qatar memutuskan untuk meningkatkan pencegahan masuk di Bandara Internasional Hamad, Doha, demi menghalau penyebaran virus korona.

Para pembalap MotoGP

Sejak Selasa 25 Februari, Menteri Kesehatan Qatar, Mohamed Al Kuwari, diketahui telah menunda perjalanan menuju dan dari beberapa negara, termasuk Italia dan Jepang. Pemeriksaan kesehatan yang lebih ketat pun dilakukan di Bandara Internasional Hamad, meski sejauh ini sejatinya belum ada kasus virus korona di negara tersebut.

BACA JUGA: Pol Espargaro Sebut KTM Sudah Setara dengan Ducati di MotoGP 2020

Pembatasan penerbangan di Qatar untuk beberapa negara, khususnya Italia dan Jepang, tentu saja dapat berdampak terhadap penyelenggaraan seri perdana MotoGP 2020. Sebab, enam dari 11 tim MotoGP sendiri diketahui memiliki kantor pusat di Italia dan San Siro, seperti Monster Yamaha, Suzuki Ecstar, LCR Honda, Aprilia Racing, Ducati Corse, dan Pramac Ducati.

Enam dari 22 pembalap MotoGP sendiri berasal dari Italia, yakni Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, Andrea Iannone, hingga dan Francesco Bagnaia. Beberapa tim sejatinya telah menerapkan larangan bagi krunya untuk meninggalkan Qatar usai tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Losail rampung digelar.

Tetapi, beberapa di antaranya telah telanjur kembali ke negara asal. Jika mereka tak bisa berada di Qatar dalam waktu dekat, bukan hal yang tidak mungkin gelaran seri pembuka MotoGP 2020 itu tak digelar sesuai jadwal.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini