nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

16 Negara Lolos ke Piala Thomas dan Uber 2020

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 05:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 17 40 2169457 16-negara-lolos-ke-piala-thomas-dan-uber-2020-yDCujfxrHe.jpg Trofi Piala Thomas dan Uber (Foto: Badminton Planet)

GELARAN Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu dari berbagai zona telah usai digelar pada akhir pekan ini, Minggu 16 Februari 2020. Kejuaraan beregu yang tersebar di lima zona tersebut pun menjadi ajang Kualifikasi Piala Thomas dan Uber untuk memperebutkan tiket lolos ke Aarhus, Denmark pada 16-24 Mei 2020.

Meski begitu, sebelum gelaran dimulai, dua negara sudah memastikan diri lolos tanpa kualifikasi. Mereka adalah tim tuan rumah dan juara bertahan. Karena itu, Denmark sudah dipastikan lolos di Piala Thomas dan Uber 2020 dengan status tuan rumah.

Tim putra Indonesia

Sementara itu, China selaku juara bertahan Piala Thomas dan Jepang di Piala Uber juga ikut dipastikan lolos. Alhasil menyisakan 14 kuota tersisa yang diperebutkan pada akhir pekan lalu melalui Kejuaraan Beregu Asia, Eropa, Afrika, Oseania, dan Pan-Am.

Pada zona Asia, empat negara yang lolos ke Piala Thomas adalah Indonesia, Malaysia, India, dan Jepang sebagai semifinalis Kejuaraan Beregua Asia. Sedangkan di Piala Uber ada Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia yang merupakan semifinalis di Kejuaraan Beregu Asia bersama Jepang.

Baca juga Tersingkir di Perempatfinal, Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Uber 2020

Tetapi, karena Tim Uber Jepang sudah dipastikan lolos, satu tempat lainnya dari Zona Asia akan diberikan kepada China. Walaupun China tak ikut serta di Kejuaraan Beregu Asia 2020, tetapi sesuai regulasi BWF, China berhak mendapatkan tempat tersebut.

Sebab berdasarkan regulasi, negara yang berperingkat tertinggi dari benua yang sama berhak lolos untuk menggantikan tim juara bertahan atau tuan rumah yang menempati posisi kualifikasi per zona. Tak hanya Asia, situasi tersebut pun dialami di zona Eropa.

Eropa sendiri mendapat empat jatah yang merupakan semifinalis Kejuaraan Beregu Eropa. Pada ajang tersebut, Denmark pun tampil sebagai semifinalis bahkan menjadi juara. Karena itu, satu tiket lainnya akan diberikan kepada tim berperingkat tertinggi se-Eropa.

Dengan begitu, maka untuk Piala Thomas, Eropa akan diwakili Prancis, Belanda, Rusia, dan Inggris (menggantikan posisi Denmark). Pada Piala Uber, ada Prancis, Jerman, Skotlandia, dan Rusia (menggantikan posisi Denmark).

Sementara itu, tiket lainnya dimiliki Kanada dari Pan-Am dan Australia dari Oseania. Kedua negara tersebut akan mewakili zona masing-masing di Piala Thomas dan Uber setelah keluar sebagai juara di Kejuaraan Beregu Pan-Am dan Oseania. Sementara dari Afrika, Piala Thomas akan diwakili Aljazair, dan Mesir di Piala Uber.

Tiga tiket pun tersisa untuk melengkapi 16 tim yang lolos. Ketiga kuota ini datang dari peringkat terbaik di dunia dalam ranking BWF. Sejauh ini, ketiga tim untuk Piala Thomas adalah Taiwan, Korea Selatan, dan Thailand. Sedangkan di Piala Uber ada Indonesia, Taiwan, dan India.

Berikut 16 Negara yang Lolos ke Piala Thomas dan Uber 2020

Piala Thomas

Tuan Rumah: Denmark

Juara Bertahan: China

Asia: Indonesia, India, Jepang, Malaysia

Eropa: Prancis, Belanda, Rusia, Inggris

Afrika: Aljazair

Pan-Am: Kanada

Oseania: Australia

Ranking Dunia: Taiwan, Korea Selatan, Thailand.

Piala Uber

Tuan Rumah: Denmark

Juara Bertahan: Jepang

Asia: Korea Selatan, Malaysia, Thailand, China

Eropa: Prancis, Jerman, Skotlandia, Rusia

Afrika: Mesir

Pan-Am: Kanada

Oseania: Australia

Ranking Dunia: Indonesia, Taiwan, India

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini