Tersingkir di Perempatfinal, Indonesia Masih Bisa Lolos ke Piala Uber 2020

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 14 40 2168429 tersingkir-di-perempatfinal-indonesia-masih-bisa-lolos-ke-piala-uber-2020-1TitBkxP5r.jpg Tim putri bulu tangkis Indonesia (Foto: Laman resmi PBSI)

MANILA – Tim putri Indonesia harus menghentikan langkahnya di perempatfinal Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020. Menghadapi Jepang di Rizal Memorial Coliseum, Jumat (14/2/2020) siang WIB, Greysia Polii dan kawan-kawan menyerah 0-3.

Seperti diketahui, hasil kejuaraan ini juga dijadikan ajang sebagai kualifikasi untuk menentukan tim yang lolos ke putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark pada Mei mendatang. Zona Asia sendiri mendapat empat jatah yang datang dari semifinalis Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020.

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020

Setelah menyelesaikan laga perempatfinal, empat tim yang berhak melaju ke Piala Uber 2020 adalah Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia. Namun, karena Jepang berstatus juara bertahan Piala Uber, maka Akane Yamaguchi dan kawan-kawan sudah pasti lolos sebelum kualifikasi dilangsungkan.

Baca juga 72 Negara Akan Berebut Tiket Lolos ke Piala Thomas dan Uber 2020

Berdasarkan regulasi yang ditetapkan BWF, satu slot tersisa dari kawasan Asia tersebut akan diisi oleh tim yang berperingkat tertinggi dari asosiasi yang sama. Karena itu, sesuai peringkat terbaik se-Asia, China berhak menggantikan Jepang, walaupun di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia mereka tak ikut serta. Lalu bagaimana nasib tim putri Indonesia?

Meski gagal menembus semifinal, Indonesia tetap berhak lolos ke putaran final Piala Uber 2020 dari jalur ranking. Sesuai dengan regulasi, peserta yang lolos ke putaran final Piala Thomas dan Uber tidak hanya datang dari kualifikasi per zona. Tetapi, ada juga jatah wildcard dari jalur ranking dunia yang berisikan tiga slot.

Tim putri Indonesia sendiri memiliki ranking yang cukup tinggi untuk bisa mendapat jatah wildcard tersebut. Bahkan, Indonesia berada di posisi teratas, diikuti Taiwan dan India yang mengisi dua slot dari jatah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini