72 Negara Akan Berebut Tiket Lolos ke Piala Thomas dan Uber 2020

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 08 40 2165483 72-negara-akan-berebut-tiket-lolos-ke-piala-thomas-dan-uber-2020-tlhNrNb4ZS.jpg Trofi Piala Thomas dan Uber (Foto: Badminton Planet)

GELARAN Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020 akan dimulai pada pekan depan. Sebanyak 72 negara yang terbagi dalam lima zona pun akan saling bersaing untuk memperebutkan tiket lolos ke Piala Thomas dan Uber 2020, di mana Denmark ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020 akan terbagi dalam lima zona yakni Afrika, Asia, Eropa, Oceania, dan Pan-Amerika. Kelima zona tersebut akan menggelar kualifikasi yang juga bertajuk sebagai Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu.

Zona Asia akan diikuti 12 negara yaitu Indonesia, China, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, India, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Filipina, dan Kazakhstan. Sementara itu, India memutuskan hanya mengirimkan tim putra, dan tim putri mundur dari ajang tersebut.

Baca juga PBSI Antisipasi Penularan Virus Korona di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020

Ke-12 negara Asia tersebut akan memperebutkan empat kuota lolos ke Piala Thomas dan Uber 2020. Sementara tim putra China dipastikan lolos ke Piala Thomas karena berstatus juara bertahan. Begitu juga dengan tim putri Jepang yang memiliki status juara bertahan di Piala Uber.

Peserta terbanyak datang dari zona Eropa, dimana ada 34 negara di tim putra dan 29 negara di tim putri. Beberapa tim besar seperti Denmark, Inggris, Jerman, dan Prancis pun dipastikan tampil. Kuota yang diperebutkan dari zona Eropa adalah empat. Sementara, Denmark sudah dipastikan lolos karena berstatus sebagai tuan rumah Piala Thomas dan Uber 2020.

Zona Oseania akan diikuti lima negara yakni Australia, Selandia Baru, Tahiti, Kaledonia Baru, dan Fiji. Namun, Fiji memilih absen di tim putri, sehingga kualifikasi Piala Uber 2020 Zona Oseania akan diikti empat negara. Zona Oseania hanya memiliki satu kuota.

Satu kuota juga dimiliki Zona Pan-Amerika. Sebanyak tujuh negara akan memperebutkan tiket lolos ke Denmark yakni Brasil, Kanada, Kepulauan Falkland, Guatemala, Meksiko, Peru, dan Amerika Serikat. Namun begitu, Kepulauan Falkand akan absen di tim putra.

Terakhir, ada Zona Afrika yang juga akan memperebutkan satu kuota. Sebanyak 12 negara akan ikut-serta seperti Nigeria, Mesir, Aljazair, Mauritius, Afrika Selatan, Zambia, Uganda, Maroko, Republik Kongo, Kamerun, Tunisia, dan Sierra Leone. Tetapi, ke-12 negara itu hanya tampil di tim putra, sedangkan peserta di tim putri hanya enam (Mesir, Nigeria, Mauritius, Afrika Selatan, Aljazair, Republik Kongo).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini