nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemajuan Teknologi Ambil Bagian dalam Perubahan di MotoGP

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 09:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 38 2151928 kemajuan-tekonologi-ambil-bagian-dalam-perubahan-di-motogp-74qVr3TTjE.jpg Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)

TAVULLIA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, tidak memungkiri bahwa kemajuan teknologi membuat cara balapan di ajang balap motor grand prix berubah drastis. Menurut Rossi, saat ini persaingan bukan hanya soal kesiapan fisik, namun strategi jauh lebih penting.

Sebagai pembalap yang sudah mentas di ajang grand prix sejak 1996, Rossi sadar betul kalau saat ini hal-hal terkait balapan menjadi jauh lebih mudah berkat bantuan teknologi. Juara dunia sembilan kali itu menjelaskan kalau di masa lalu para pembalap tidak bisa langsung tancap gas sejak awal balapan.

Baca juga: Alex Rins Yakin Rossi Masih Bisa Bersaing di MotoGP 2020

Valentino Rossi vs Max Biaggi

Hal tersebut dikarenakan para pembalap harus membaca situasi di lintasan terlebih dahulu, utamanya memahami kondisi lawan mereka. Dengan kata lain, para pembalap tak boleh gegabah untuk bisa menemukan pendekatan yang tepat.

Kendati demikian, hal berbeda terjadi sekarang. Dengan kemajuan teknologi, bantuan kamera canggih, segala hal mengenai informasi lawan dan lintasan sudah terekam dalam video dan bisa dianalisis. Sehingga, meski balapan belum dimulai, namun para pembalap sudah memiliki wawasan yang memadai.

"Perbedaan dengan musim 2004 dan 2005 adalah bahwa sekarang Anda sudah dari sejak start harus bekerja keras selama 42 menit dari lap pertama ke terakhir. Di masa lalu Anda start dengan perlahan, melihat semuanya terlebih dahulu, mungkin mendorong sedikit dan kemudian sesuatu sedang menunggu,” beber Rossi, menyadur dari Motorsport Total, Minggu (12/1/2020).

Valentino Rossi

β€œIni lebih tentang strategi daripada fisik. Saat ini Anda dapat menganalisis semuanya dengan video, Anda memiliki lebih banyak dukungan teknologi. Ada seseorang dengan kamera di setiap tikungan. Anda tahu persis apa yang harus dilakukan rekan setim Anda atau pesaing dari pabrikan lain. Sebelum Anda melihat balapan, Anda mencoba mengikuti pembalap lain, dan melakukan berbagai persiapan,” sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini