nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Rookie di MotoGP 2020, Siapa Saja?

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 19:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 38 2132374 3-rookie-di-motogp-2020-siapa-saja-sQpijpb7c4.jpg Alex Marquez. (Foto: Twitter Alex Marquez)

GELARAN MotoGP 2019 telah resmi berakhir. Perlombaan pun berlangsung begitu sengit pada musim 2019 dengan akhirnya menempatkan Marc Marquez kembali sebagai jawara. Keseruan di MotoGP pun dipastikan bakal berlanjut ke musim 2020.

Hal ini terjadi karena ada beberapa pembalap baru yang bakal menghiasi persaingan di MotoGP 2020. Meski masih minim pengalaman, kehadiran pembalap anyar ini tak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, di gelaran MotoGP 2019, pembalap rookie telah berhasil membuktikan diri mampu langsung bersaing. Hal itu dilakukan oleh Fabio Quartararo.

Karena itu, publik pun menantikan apakah gebrakan yang sama bisa dihadirkan para pembalap anyar di MotoGP 2020. Kali ini, Okezone pun akan membahas pembalap-pembalap rookie tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut tiga rookie di MotoGP 2020.

3. Iker Lecuona

Di urutan ketiga, ada nama Iker Lecuona. Ia dipastikan akan menambah panjang daftar pembalap asal Spanyol di MotoGP. Sebab, Lecuona akan mulai tampil di pentas MotoGP pada gelaran 2020 dengan bergabung ke tim satelit KTM, yakni Tech3.

Iker Lecuona

Lecuona mendapat tempat di Red Bull KTM Tech3 setelah Brad Binder ditarik ke tim utama KTM. Sejatinya, Tech3 memang lebih dahulu menjalin kontrak dengan Binder untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Hafizh Syahrin. Tetapi, pihak KTM memutuskan untuk menaikkan Binder ke tim utama karena kosong setelah ditinggalkan Johann Zarco.

Alhasil, KTM akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Lecuona. Di sana, ia ditapuk kontrak selama setahun sehingga akan berakhir pada akhir 2020. Sebelum naik ke kelas MotoGP, Lecuona sendiri sejatinya tak memiliki prestasi yang fantastis.

Pembalap berusia 19 tahun itu baru memulai kariernya di dunia balap motor grand prix pada 2016. Kala itu, ia memperkuat tim Kalex di Moto2. Pada 2018, Lecuona akhirnya pindah ke KTM di Moto2. Selama dua tahun membalap untuk tim tersebut di Moto2, Lecuona hanya bisa finis di posisi ke-12.

2. Brad Binder

Selanjutnya, ada nama Brad Binder. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Binder dipastikan memperkuat tim utama KTM untuk menggantikan peran Johann Zarco yang memilih memutus kontrak lebih dini.

Sama seperti Lecuona, pembalap asal Afrika Selatan itu juga hanya diberi kontrak selama setahun oleh KTM Red Bull. Tetapi, Binder berhasil mengukir prestasi yang jauh lebih apik dari Lecuona sebelum naik ke MotoGP.

Brad Binder

Binder mengawali kariernya pada 2011 di kelas 125 cc dengan bergabung bersama Aprilia. Karier Binder di kelas Moto3 pun berbuah manis. Pada 2014, ia berhasil menyegel gelar juara setelah merengkuh 319 poin.

Hasil ini pun langsung membuat Binder naik ke kelas Moto2 pada 2017. Di Moto2, prestasi yang cukup apik bisa diukirnya. Pada musim 2018, Binder bisa finis di posisi ketiga. Bahkan pada musim 2019, ia mampu bertarung untuk gelar juara melawan adik Marc Marquez, yakni Alex Marquez. Tetapi, akhirnya ia gagal dan harus puas hanya menjadi runner-up.

1. Alex Marquez

Terakhir, ada nama Alex Marquez. Ia mendapat perhatian besar dari publik karena merupakan adik dari Marc Marquez. Bahkan, beberapa pihak awalnya menduga naiknya Alex ke tim utama Honda di MotoGP terjadi karena ada campur tangan dari Marquez.

Tetapi, kabar tersebut telah ditepis langsung oleh Manajer Tim Honda, Alberto Puig. Ia menegaskan bahwa terpilihnya Alex untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Jorge Lorenzo murni karena prestasi yang diukir sang pembalap.

Alex Marquez

Sebelum naik ke MotoGP, Alex memang berhasil mengoleksi dua gelar juara. Gelar pertama didapatnya di kelas Moto3 kala memperkuat tim Honda. Pada 2014, ia dipastikan keluar sebagai jawara setelah mengemas 278 poin.

Selanjutnya, gelar juara kedua baru saja diraih Alex di kelas Moto2. Ia memastikan diri keluar sebagai jawara lewat podium kedua yang diraih di seri kedua terakhir pada musim 2019. Atas pencapaian manis itu, Alex pun sempat dilirik oleh beberapa tim di MotoGP. Tetapi, pilihannya akhirnya jatuh kepada Honda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini