nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penampilan Terakhir Marc Marquez di MotoGP Valencia

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 38 2129485 5-penampilan-terakhir-marc-marquez-di-motogp-valencia-2X2vhMTyCG.jpg Marc Marquez. (Foto: AFP)

GELARAN MotoGP 2019 telah hampir rampung. Akhir pekan ini, para pembalap pun akan melakoni balapan seri terakhir yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Kiprah para pembalap tentu saja dinantikan di MotoGP Valencia 2019 tersebut untuk menilik langkah yang harus diambil pada musim depan.

Salah satu pembalap yang penampilannya begitu dinantikan ialah Marc Marquez. Meski telah menyegel gelar juara musim ini, pembalap asal Spanyol itu dipastikan tetap bakal tampil optimal dan berusaha merebut kemenangan di seri Valencia.

Hal ini dilakukan karena Marquez masih memiliki harapan besar yang ingin dicapai pada musim ini. Ia bertekad mengantarkan Repsol Honda meraih triple crown lewat kategori tim. Gelar juara ini akan ditentukan lewat hasil di Valencia karena Honda sendiri tengah bersaing ketat dengan tim pabrikan Ducati.

Sebelum melihat kiprah Marquez pada musim ini, mari menilik penampilan Marquez di Sirkuit Ricardo Tormo dalam beberapa musim terakhir. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Rabu (13/11/2019), berikut lima penampilan terakhir Marc Marquez di MotoGP Valencia.

5. MotoGP Valencia 2014

Pada gelaran MotoGP Valencia 2014, Marquez berhasil naik podium pertama. The Baby Alien –julukan Marquez– menang saat memulai balapan dari posisi yang kurang apik di Sirkuit Ricardo Tormo. Ia hanya bisa bertengger di urutan kelima di grid.

Marc Marquez

Tetapi, saat balapan berlangsung, Marquez bisa merangsek ke depan dan memimpin perlombaan. Kondisi ini berhasil dipertahankannya hingga menjadi yang pertama menyentuh garis finis dengan catatan waktu 46 menit 39,627 detik.

Kemenangan ini menutup manis perjalanan Marquez yang berhasil menyegel gelar juara pada tahun tersebut. Di podium MotoGP Valencia 2014 sendiri, Marquez ditemani oleh Valentino Rossi dan Dani Pedrosa.

4. MotoGP Valencia 2015

Sayang, pada 2015, Marquez gagal melanjutkan hasil manis di MotoGP Valencia. Setahun kemudian, ia harus puas hanya menyelesaikan perlombaan di podium kedua. Hal ini terjadi karena Marquez kesulitan untuk menghentikan Jorge Lorenzo yang tampil begitu kompetitif kala itu.

Marc Marquez

Marquez pun finis di urutan kedua dengan catatan waktu yang terpaut 0,263 detik dari Lorenzo yang keluar sebagai pemenang. Selain gagal mempertahankan kemenangan di Sirkuit Ricardo Tormo, Marquez juga tak mampu meraih gelar juara di musim tersebut.

3. MotoGP Valencia 2016

Semusim berikutnya, Marquez kembali hanya bisa mengakhiri perlombaan di GP Valencia dengan naik podium kedua. Lagi-lagi, pembalap berusia 26 tahun itu kalah dari persaingan ketat melawan Jorge Lorenzo yang masih memperkuat Yamaha.

Marc Marquez

Lorenzo berhasil mengasapi Marquez setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 45 menit 54,228 detik. Sementara Marquez, ia mencatatkan waktu yang terpaut 1,185 detik dari Lorenzo. Meski gagal menang di Valencia, Marquez berhasil menyegel gelar juara di ajang MotoGP 2016.

2. MotoGP Valencia 2017

Pada gelaran MotoGP Valencia 2017, hasil yang jauh lebih buruk dari musim-musim sebelumnya harus ditelan Marquez. Meski berhasil naik podium, Marquez hanya mampu bertengger di tempat ketiga. Hasil ini jauh lebih buruk dibandingkan tiga musim sebelumnya.

Marc Marquez

Marquez sejatinya dapat memulai balapan di Sirkuit Ricardo Tormo dengan begitu apik. Sebab, ia menyegel pole position di grid. Sayangnya, posisi ini tak bisa dipertahankannya hingga akhir perlombaan.

Podium pertama di seri ini ditempati oleh rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, yang finis dengan catatan waktu 46 menit 8,125 detik. Sementara itu, podium kedua diisi oleh Johan Zarco yang masih memperkuat tim satelit Yamaha.

1. MotoGP Valencia 2018

Terakhir, pil pahit harus ditelan Marquez di MotoGP Valencia 2018. Pada musim lalu, Marquez bahkan gagal menyelesaikan perlombaan di Sirkuit Ricardo Tormo. Ia memutuskan untuk tak melanjutkan balapan setelah terjatuh di lap kelima.

Marc Marquez

Balapan di MotoGP Valencia 2018 memang berlangsung begitu dramatis. Hujan deras yang mengguyur sirkuit di sepanjang balapan telah membuat banyak pembalap harus terjatuh, termasuk Marquez.

Lantaran telah berhasil menyegel gelar juara sebelum tampil di Valencia, Marquez pun tak tampil ngotot. Setelah terjatuh, ia memutuskan  untuk tak melanjutkan balapannya. Balapan yang akhirnya dipangkas menjadi 14 lap itu pun akhirnya dimenangkan oleh Andrea Dovizioso (Ducati).

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini