nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Negara Tersukses di Ajang Denmark Open, Indonesia Posisi Berapa?

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 16 40 2117603 5-negara-tersukses-di-ajang-denmark-open-indonesia-posisi-berapa-QBLE41bv7Q.jpg Podium ganda putra Denmark Open 2018. (Foto: PBSI)

TURNAMEN bulu tangkis Denmark Open kembali digelar pada tahun ini. Kompetisi yang berlangsung di Odense Sports Park, Denmark, itu sudah mulai digelar sejak Selasa 15 Oktober 2019 dan akan berakhir pada Minggu 20 Oktober 2019.

Sejumlah pebulu tangkis Tanah Air pun turut berlaga di turnamen berlevel Super 750 tersebut. Meski perjalanan beberapa wakil telah dipastikan terhenti di babak pertama, Indonesia tetap membidik gelar juara sebanyak mungkin di ajang tersebut.

Indonesia tentu saja punya peluang besar untuk merealisasikan harapan tersebut. Sebab, prestasi yang apik mampu diukir para wakil Tanah Air selama mentas di Denmark Open. Nama Indonesia pun bertengger di lima besar negara dengan performa terbaik di Denmark Open. Kali ini, Okezone pun akan membahas lima negara tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019), berikut lima negara tersukses di ajang Denmark Open.

5. Indonesia

Indonesia bertengger di posisi kelima negara tersukses di ajang Denmark Open. Posisi ini ditempati Indonesia setelah para wakil Tanah Air tercatat telah berhasil merengkuh 21 gelar juara dari kompetisi berlevel Super 750 tersebut.

Penampilan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Dari 21 gelar juara tersebut, gelar terbanyak didapat Indonesia dari nomor ganda putra. Di nomor tersebut, Indonesia telah sembilan kali meraih gelar juara. Gelar teranyar didapat oleh pasangan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Selain ganda putra, nomor lain yang juga mampu menyumbangkan gelar cukup banyak untuk Indonesia ialah tunggal putra dengan total raihan enam gelar juara. Sementara itu, enam gelar lainnya didapat dari tunggal putri sebanyak tiga gelar, ganda putri dua gelar, dan ganda campuran satu gelar juara.

4. Jepang

Selanjutnya, posisi keempat negara tersukses di ajang Denmark Open diisi oleh Jepang. Negeri Sakura –julukan Jepang– tercatat telah berhasil memboyong 24,5 gelar juara di pentas Denmark Open.

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Dari total gelar tersebut, satu di antaranya didapat kala menduetkan wakilnya dengan pemain dari negara lain. Hal itu terjadi di nomor ganda putra dengan memasangkan Ippei Kojima bersama wakil tuan rumah, Bjorn Andersen. Gelar yang diraih pasangan tersebut membuat Jepang tercatat telah 2,5 kali meraih gelar di nomor ganda putra.

Sementara itu, 22,5 gelar lainnya diraih dari tiga nomor yang berbeda, yakni dua gelar di tunggal putra, tujuh gelar di tunggal putri, dan 13 gelar di ganda putri. Jepang tercatat belum pernah meraih gelar juara Denmark Open 2019 di nomor ganda campuran. Tahun lalu, Jepang berhasil meraih dua gelar juara lewat pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Kento Momota.

3. Inggris

Di urutan ketiga negara tersukses di ajang Denmark Open, ada negara Inggris. Negeri Ratu Elizabeth –julukan Inggris– berhasil tampil gemilang di gelaran Denmark Open ini sehingga total dapat meraih 25 gelar juara.

Anthony Clark/.Donna Kellogg. Foto: Badmintonphoto.com

Dari seluruh jumlah tersebut, beberapa gelar didapat lewat duet pasangan gado-gado. Salah satu di antaranya terjadi pada gelaran Denmark Open 1991. Kala itu, pemain Inggris, Gillian Gowers, yang berpasangan dengan tuan rumah Nittie Nielsen, berhasil menyabet gelar juara di nomor ganda putri.

Gelar Gillian/Nittie membuat Inggris tercatat tela berhasil meraih 7,5 gelar di nomor ganda putri. Sementara itu 17,5 gelar juara lainnya diraih dari nomor ganda campuran sebanyak 11,5 gelar, tunggal putra dua gelar, tunggal putri satu gelar, dan ganda putra tiga gelar juara.

2. China

China juga turut bertengger di dalam daftar lima negara tersukses di ajang Denmark Open. Negeri Tirai Bambu –julukan China– menempati posisi kedua dalam daftar dengan raihan total sebanyak 62 gelar juara.

Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Gelar terbanyak yang diraih China didapat dari nomor tunggal putri, yakni sebanyak 20 gelar. Selanjutnya, 15 gelar juara didapat dari nomor ganda putri, 11 gelar juara dari nomor tunggal putra, dan masing-masing delapan gelar dari nomor ganda putra dan ganda campuran.

Pada gelaran Denmark Open 2018, China berhasil membawa pulang satu gelar juara. Gelar tersebut didapat dari nomor ganda campuran lewat aksi Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Mereka memastikan diri keluar sebagai kampiun setelah menaklukkan ganda campuran Thailand, Dechampol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, dengan skor 21-16 dan 21-13.

1. Denmark

Terakhir, negara yang bertengger di puncak daftar tersukses di ajang Denmark Open ialah Denmark. Tuan rumah tercatat telah berhasil meraih 135 gelar juara selama 67 kali menggelar turnamen Denmark Open.

Penampilan Jan O Jorgensen

Gelar terbanyak disumbang dari nomor ganda campuran yang tercatat telah meraih 36 gelar juara. Selanjutnya, ada tunggal putra yang mendapatkan 33 gelar juara. Sementara 66 gelar lainnya didapatkan dari nomor tunggal putri sebanyak 26 gelar juara, ganda putri sebanyak 21,5 gelar juara, dan ganda putri 18,5 gelar juara.

Denmark memang tercatat kerap kali menduetkan wakilnya dengan pemain dari negara lain. Upaya ini pun beberapa kali berhasil membuahkan gelar juara. Terakhir terjadi pada gelaran Denmark Open 1993 lewat duet Thomas Lund dengan pemain Swedia, Catrine Bengtsson, di nomor ganda campuran.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini