nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir MotoGP Jepang, Dominasi Rider Spanyol

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 19:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 38 2116789 5-pemenang-terakhir-motogp-jepang-dominasi-rider-spanyol-dij4Ux9fEK.jpg Marc Marquez (Foto: motogp.com)

LANJUTAN kejuaraan dunia MotoGP musim 2019 bakal kembali berlangsung pada akhir pekan ini atau tepatnya 20 Oktober 2019. Kali ini giliran Sirkuit Twin Ring Motegi yang berada di Jepang sebagai tempat penyelengaranya.

MotoGP Jepang sendiri merupakan salah satu seri yang sudah cukup lama menggelar ajang balap Kuda Besi tersebut. Terhitung sudah sejak 1962, Jepang berpartisipasi sebagai salah satu penyelengara MotoGP.

Dari kurun waktu tersebut, sudah cukup banyak sejumlah pembalap yang berhasil meraih kemenangan di sirkuit yang memiliki panjang 2.493 km tersebut. Namun bagaimana dengan para jawara MotoGP Jepang dalam lima tahun terakhir.

Maka dari itu, Okezone pun merangkum lima pembalap yang berhasil menjuarai MotoGP Jepang dalam kurun waktu lima musim terakhir, yang mana empat di antaranya merupakan pembalap kenamaan asal Spanyol.

Berikut lima pemenang terakhir MotoGP Jepang:

5. Jorge Lorenzo (MotoGP Jepang 2014)

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo berhasil meraih prestasi tertinggi ketika tampil di MotoGP Jepang 2014. Keberhasilan tersebut diraih Lorenzo dengan cara yang cukup menjanjikan. Terlebih Lorenzo sendiri harus start dari posisi kelima di MotoGP Jepang 2019.

Meski begitu tidak lantas membuat kepercayaan diri Lorenzo untuk bisa meraih hasil maksimal di MotoGP Jepang 2014 luntur. X-Fuera –julukan Lorenzo– akhirnya berhasil meraih podium teratas usai mengasapi Marc Marquez (Honda) dan Valentino Rossi (Yamaha).

4. Dani Pedrosa (MotoGP Jepang 2015)

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa berhasil melanjutkan keberhasilan pembalap asal Spanyol yang meraih prestasi tertinggi ketika mengaspal di MotoGP Italia 2015. Memulai balapan dari posisi keenam, Pedrosa berhasil melesat ketika balapan berlangsung.

Pedrosa yang memang sedang kondisi onfire usai meraih hasil positif pada dua balapan sebelumnya, mampu meredam perlawanan dari Valentino Rossi yang tengah berjuang menjadi juara dunia. Pedrosa berhasil mengasapi Rossi dan mengklaim podium pertama di MotoGP Jepang 2015.

3. Marc Marquez (MotoGP Jepang 2016)

Marc Marquez

Sirkuit Twin Ring Motegi memang nampaknya sangat akrab dengan para pembalap berpaspor Spanyol. Setelah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, kini giliran Marc Marquez yang berhasil meraih hasil maksimal tepatnya di MotoGP Jepang 2016.

Keberhasilan Marquez untuk meraih podium teratas di MotoGP Jepang 2016 memang sudah diprediksi sejak awal balapan. Terlebih, Marquez sendiri mampu start dari posisi menguntungkan, yakni posisi kedua. Ketika balapan berlangsung, Marquez langsung melesat meninggalkan para pesaingnya. Marquez pun berhasil meraih podium pertama usai mengungguli Andrea Dovizioso (Ducati) dan Maverick Vinales (Suzuki)

2. Andrea Dovizioso (MotoGP Jepang 2017)

Andrea Dovizioso

Dominasi para pembalap Spanyol berakhir di MotoGP Jepang 2017. Adalah Andrea Dovizioso yang berhasil melakukannya. Bahkan untuk meraih podium pertama di MotoGP Jepang 2017, Dovizioso harus menjalani balapan yang bisa dikatakan dramatis.

Memulai balapan dari posisi ke-9, Dovizioso sama sekali tidak gentar. Satu per satu para pesaing berhasil dilewati Dovizioso hingga akhirnya mampu menyentuh garis finis paling awal di MotoGP Jepang 2017. Dovizioso pun berhasil mengasapi Marc Marquez (Honda) dan Danilo Petrucci (Ducati) dalam balapan tersebut.

1. Marc Marquez (MotoGP Jepang 2018)

Marc Marquez

Meski sempat terputus, pembalap asal Spanyol kembali meraih prestasi terbaik di MotoGP Jepang pada tahun lalu. Adalah Marc Marquez yang kembali berhasil mengumandakan lagu kebangsaan Spanyol di MotoGP Jepang 2018.

Untuk meraih prestasi terbaik di MotoGP Jepang 2018 Marquez sendiri harus dihadapkan balapan yang sulit, mengingat ia start dari posisi keenam. Namun mental juara Marquez benar-benar terlihat dalam balapan ini. Marquez pun berhasil menjadi juara MotoGP Jepang 2019 usai mengasapi Cal Crutchlow (Honda) dan Alex Rins (Spanyol).

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini