nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi Tahu Kekuatan Utama Quartararo saat Kendarai YZR-M1

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 08:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 38 2114111 rossi-tahu-kekuatan-utama-quartararo-saat-kendarai-yzr-m1-4k76pAqq7t.jpg Valentino Rossi dan Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

LESMO – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mungkin belum bisa meraih kemenangan satu pun di ajang MotoGP 2019. Bahkan dari 15 balapan MotoGP 2019 yang sudah berjalan, Rossi hanya bisa meraih posisi podium sebanyak dua kali saja.

Faktor utama Rossi kesulitan meraih kemenangan perdananya di musim 2019 ini dikatakan karena motor YZR-M1 miliknya yang tidak bisa tampil maksimal. The Doctor –julukan Rossi– selalu mengeluhkan kuda besinya yang tidak bisa melaju seperti apa yang ia inginkan.

Baca Juga: Marquez: Quartararo Bakal Jadi Salah Satu Rival Terberat di MotoGP 2020

Aksi Fabio Quartararo saat kendarai YZR-M1

Akan tetapi, dengan motor yang sama justru Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) mampu tampil sangat gemilang di musim ini. Walau Quartararo juga belum meraih kemenangan di musim ini, tetapi setidaknya rider asal Prancis itu berhasil mengoleksi lima posisi podium atau lebih banyak dari Rossi. Bahkan tiga di antaranya ia berhasil finis di urutan kedua.

Terlebih lagi, Quartararo adalah pembalap debutan di MotoGP 2019. Jadi seharusnya Rossi bisa tampil sehebat Quartararo yang merupakan pembalap tim satelit Yamaha.

Rossi sendiri pun sebenarnya mengakui kehebatan Quartararo di musim ini. Ia merasa kekuatan lebih yang dimiliki Quartararo sehingga mampu memaksimalkan YZR-M1. Kekuatan itu adalah terkait teknik pengereman.

Rossi merasa teknik pengereman Quartararo sangat kuat, jadi membuat penghentian motor berjalan dengan bagus. Selain karena teknik pengereman yang luar biasa, Rossi juga menganggap Quartararo mampu melaju dengan mulus dan tanpa melakukan kesalahan saat berada di motor pabrikan asal Jepang tersebut.

Aksi Marquez dan Quartararo di MotoGP Thailand 2019

“Dia (Quartararo) berkendara dengan sangat baik saat mengendarai Yamaha, hal itu dikarenakan dia sangat halus ketika melajukan motornya. Tapi, menurut saya dia sangat kuat dalam hal pengereman karena dia mampu menghentikan motornya dengan sangat baik,” ucap Rossi, dikutip dari Motorsport, Selasa (8/10/2019).

“Dia sangat cepat. Dia juga sangat kuat. Lalu yang terpenting, dia jarang melakukan kesalahan (saat balapa berlangsung),” tutup rekan setim Maverick Vinales itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini