nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Michelin Rancang Ban Khusus untuk MotoGP Thailand 2019

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 18:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 38 2112062 michelin-rancang-ban-khusus-untuk-motogp-thailand-2019-pa0TOOOGFY.jpg Chang International Circuit di Buriram, Thailand, dikenal kejam terhadap ban belakang (Foto: Twitter/MotoGP)

CLERMONT-FERRAND – Kurangnya data mengenai karakter aspal Chang International Circuit di Buriram membuat Michelin terpaksa meraba-raba alokasi ban untuk MotoGP Thailand 2019 akhir pekan ini. Pabrikan ban asal Prancis itu kemudian memberikan karet hitam seperti untuk MotoGP Austria 2019.

Sekadar informasi, ban yang diberikan Michelin untuk tim dan pembalap MotoGP di Sirkuit Red Bull Ring itu memiliki rancangan khusus. Semua kompon ban belakang (soft, medium, dan hard) didesain asimetris dengan sisi sebelah kanan lebih keras demi mengatasi abrasifnya aspal sirkuit.

Michelin membawa kompon khusus ke Thailand (Foto: MotoGP)

Baca juga: Jadwal MotoGP Thailand 2019

Sementara untuk ban depan, semua kompon dirancang simetris. Guna mengantisipasi turunnya hujan, Michelin menyediakan ban depan serta belakang soft dan medium dengan kompon ban belakang soft yang didesain asimetris.

Direktur Balap Roda Dua Michelin, Piero Taramasso mengatakan, karakter aspal Sirkuit Chang International sangat kejam terhadap ban. Kondisi tersebut membuat ban lebih cepat panas dan aus sehingga pihaknya harus merancang karet hitam khusus.

“Ini adalah kunjungan ketiga kami ke Buriram setelah tes dan balapan tahun lalu. Setiap kali kunjungan kami sudah mempelajari dengan baik dan menilai bagaimana respons ban untuk kunjungan berikutnya. Trek ini sangat kejam terhadap ban belakang sehingga membuat karet cepat panas. Jadi, kami merancang khusus, sama seperti di Austria, untuk mengatasinya,” tutur Piero Taramasso, dilansir dari Crash, Rabu (2/10/2019).

Piero Taramasso berharap alokasi ban dari Michelin tepat untuk MotoGP Thailand 2019

“Tahun lalu kami diberi tahu cuaca akan lebih dingin dan basah sepanjang Oktober, tetapi ternyata panas dan kering. Jadi, kami sudah menyiapkan alokasi ban yang lebih beragam demi mengatasi segala kondisi,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini