Ingin Juara Dunia, Ducati Disarankan Rekrut Pembalap Muda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 29 38 2110765 ingin-juara-dunia-ducati-disarankan-rekrut-pembalap-muda-sB8vFbN1a3.jpg Ducati disarankan untuk merekrut pembalap muda agar kembali menjadi juara dunia (Foto: Twitter/MotoGP)

SYDNEY – Ducati Corse, yang kini menyandang nama resmi Mission Winnow Ducati, masih berusaha keras mencari gelar juara keduanya di MotoGP sejak 2007. Banyak pihak menganggap, salah satu cara untuk menjadi juara dunia adalah dengan membajak Marc Marquez dari Repsol Honda.

Akan tetapi, pendapat tersebut tidak didukung oleh legenda balap MotoGP, Mick Doohan. Menurut pria asal Australia itu, Ducati harus bisa menemukan pembalapnya sendiri, ketika mereka mengangkut Casey Stoner, yang dilepas tim satelit Honda, pada awal 2007.

Casey Stoner satu-satunya juara dunia dari Tim Ducati

Baca juga: Adik Tiri Valentino Rossi Ingin Setim dengan Marc Marquez

Pembalap berjuluk Kurri-Kurri Boy itu pada akhirnya mempersembahkan gelar juara dunia untuk Ducati. Hingga kini belum ada lagi pembalap yang dipekerjakan tim asal Italia itu yang mampu membawa pulang gelar juara ke Bologna, termasuk Valentino Rossi pada rentang 2011-2012.

“Di Ducati, Anda harus melakukannya sendiri. Marc adalah pembalap yang bagus. Namun, Ducati sudah pernah mencobanya dengan pembalap lain dan tidak bekerja dengan baik. Kembali ke 2007, Ducati menemukan pembalap muda dalam diri Casey Stoner yang harus menaklukkan motor bertenaga besar, tetapi tidak punya daya cengkeram,” urai Mick Doohan, dikutip dari Speedweek, Minggu (29/9/2019).

“Motor tidak bekerja dengan baik, tetapi lihat apa yang dilakukan Casey. Sekarang Anda melihat ada pembalap muda yang bagus dalam diri Fabio Quartararo. Menemukan bintang muda berikutnya adalah satu-satunya jalan. Fabio adalah contoh sempurna seorang pembalap yang berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik dari motor,” imbuh juara dunia MotoGP (500 cc) lima kali itu.

Andrea Dovizioso kini menjadi andalan Ducati untuk meraih gelar juara (Foto: MotoGP)

Beberapa pembalap kawakan dan berpengalaman memang sudah dicoba oleh Ducati sepeninggal Casey Stoner pada akhir musim 2010. Mulai dari Valentino Rossi, Cal Crutchlow, almarhum Nicky Hayden, hingga Andrea Dovizioso, belum ada lagi yang bisa menyabet gelar juara dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini