nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Sisi Pencapaian Imam Nahrawi sebagai Menpora

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 00:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 43 2106600 dua-sisi-pencapaian-imam-nahrawi-sebagai-menpora-pV43RNmfrQ.jpg Imam Nahrawi (Foto: Kemenpora RI)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyandang status sebagai tersangka KPK karena dugaan kasus suap pemberian dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Terlepas dari status tersebut, Imam memiliki kinerja yang baik dan buruk selama bertugas sebagai Menpora.

Sejumlah prestasi telah ia torehkan, begitu juga dengan berbagai kegagalan dalam masa tugasnya tersebut. Prestasi paling mencolok selama Menpora dipegang Imam adalah kembalinya tradisi emas Indonesia di ajang Olimpiade.

Imam Nahrawi (Foto: istimewa)

Pada gelaran Olimpiade 2016, Indonesia berhasil membawa pulang satu emas. Satu medali emas tersebut dipersembahkan pebulu tangkis Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di nomor ganda campuran. Keberhasilan Tontowi/Liliyana pun menjadi pelepas dahaga setelah Olimpiade 2012, Indonesia nihil medali emas.

Baca juga Imam Nahrawi Sempat Bekukan PSSI, namun Royal soal Bonus

Pencapaian apik yang juga menjadi sorotan publik terkait Imam adalah terobosan terkait bonus. Ia terbilang loyal dalam memberikan bonus kepada para atlet yang berprestasi di internasional, hingga mengantongi bonus mencapai Rp5 miliar. Ia juga berhasil menyamaratakan bonus atlet berprestasi di Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Di bawah kepemimpinan Imam, Indonesia berhasil meraih prestasi tertinggi di ajang Asian Games 2018. Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil menduduki peringkat empat dengan koleksi 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil ini pun melebihi target yang diberikan pemerintah melalui Kemenpora.

Meski begitu, pencapaian besar tersebut tidak dibarengi ketika Indonesia berlaga di SEA Games. Pada SEA Games 2015 di Singapura, Indonesia gagal hanya mampu finis di posisi kelima dengan koleksi 47 medali emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

Imam Nahrawi (Foto: Okezone)

Pencapaian buruk kembali dialami Indonesia di SEA Games 2017, Kuala Lumpur, ketika Indonesia semakin terperosok dalam perolehan emas. Indonesia kembali duduk di peringkat kelima dengan raihan 38 medali emas, di mana itu menjadi raihan terburuk Indonesia di SEA Games sejak 1977.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini