nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir F1 GP Singapura, Dominasi Hamilton

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 37 2106936 5-pemenang-terakhir-f1-gp-singapura-dominasi-hamilton-WzcI6RXGCX.jpg Lewis Hamilton. (Foto: Twitter Mercedes)

PARA pembalap Formula One (F1) akan kembali beraksi pada akhir pekan ini dalam gelaran Grand Prix (GP) Singapura. Nama beberapa pembalap pun dijagokan keluar sebagai pemenang dalam balapan seri ke-15 F1 2019 ini.

Salah satu nama yang masuk daftar kandidat pemenang di F1 GP Singapura 2019 ialah pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. Hal ini terjadi karena Hamilton berhasil mendominasi perlombaan yang digelar di Sirkuit Marnia Bay Street, Singapura, dalam beberapa musim terakhir. Meski begitu, potensi keluarnya pemenang baru tentu saja terbuka lebar.

Sebelum mengetahui pemenang pada musim ini, mari menilik bersama pembalap-pembalap yang telah lebih dahulu naik podium pertama di GP Singapura. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2019), berikut lima pemenang terakhir F1 GP Singapura:

5. Lewis Hamilton

Di urutan kelima, ada nama Lewis Hamilton. Ia berhasil memenangi balapan di F1 GP Singapura pada 2014. Langkah pembalap asal Inggris itu untuk menyegel kemenangan saat itu berjalan begitu mulus sejak awal hingga akhir perlombaan.

Lewis Hamilton

Hamilton berhasil mengamankan pole position pada gelaran F1 GP Singapura 2014. Posisi yang menguntungkan ini pun dapat dimanfaatkannya dengan baik hingga akhirnya keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 4,795 detik.

Tepat di belakang Hamilton, ada Sebastian Vettel yang kala itu masih memperkuat Red Bull Racing. Catatan waktunya terpaut 13,534 detik dari Hamilton. Sementara itu, posisi ketiga diisi oleh rekan setim Vettel, Daniel Ricciardo.

4. Sebastian Vettel

Pada gelaran F1 GP Singapura 2015, giliran Sebastian Vettel yang naik podium pertama. Kegagalannya untuk memenangkan balapan pada musim sebelumnya berhasil dibayar pada musim 2015. Tetapi kali ini, kemenangan tak diraih bersama Tim Red Bull Racing, tetapi bersama tim barunya, yakni Ferrari.

Sebastian Vettel

Vettel tampil begitu tangguh pada musim perdananya mentas bersama tim utama Ferrari. Ia dapat memulai perlombaan dari posisi terdepan setelah tampil apik di sesi kualifikasi. Keuntungan ini pun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pembalap asal Jerman itu yang akhirnya mencatatkan waktu tercepat, yakni 2 jam 1 menit 22,118 detik.

Vettel berhasil keluar dari persaingan ketat yang diberikan oleh mantan rekan setimnya, Daniel Ricciardo. Ricciardo pun akhirnya finis di posisi kedua dengan catatan waktu yang terpaut 1,478 detik dari Vettel. Sementara itu, podium ketiga diisi oleh pembalap lain dari Tim Ferrari, Kimi Raikkonen.

3. Nico Rosberg

Di urutan ketiga, ada nama pembalap asal Jerman, Nico Rosberg. Ia dapat memenangkan balapan di F1 GP Singapura pada 2016. Rosberg memastikan diri keluar sebagai pemenang setelah finis dengan catatan waktu 1 jam 55 menit 48,950 detik.

Nico Rosberg

Balapan di F1 GP Singapura 2016 berjalan cukup sengit. Rosberg yang dapat memulai perlombaan dari posisi terdepan mendapat perlawanan ketat dari driver Red Bull Racing, Daniel Ricciardo. Saking ketatnya persaingan, catatan waktu Rosberg dengan Ricciardo hanya terpaut 0,488 detik.

Sementara itu, podium ketiga di F1 GP Singapura 2016 diisi oleh pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton. Catatan waktu peraih lima gelar juara F1 tersebut terpaut 8,038 detik dari rekan setimnya, Rosberg.

2. Lewis Hamilton

Di gelaran F1 GP Singapura 2017, Lewis Hamilton berhasil mengembalikan kejayaannya. Setelah absen selam dua musim, wajahnya kembali berhasil menghiasi podium pertama di Sirkuit Marina Bay Street.

Lewis Hamilton

Memulai balapan dari posisi kelima, Hamilton berhasil melesak ke depan dengan memanfaatkan insiden yang dialami pembalap-pembalap di depannya, mulai dari Sebastian Vettel, Max Verstappen, hingga Kimi Raikkonen. Kerja kerasnya kala itu berbuah begitu manis sehingga Hamilton memenangkan balapan dengan catatan waktu 2 jam 3 menit 23,544 detik.

Sementara itu, podium kedua ditempati oleh Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) yang catatan waktunya terpaut 4,507 detik. Tepat di belakang Ricciardo, ada rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas.

1. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton berhasil menjaga tren positifnya di F1 GP Singapura ke musim 2018. Ia kembali berhasil merengkuh kemenangan di seri ini setelah finis dengan catatan waktu 1 jam 51 menit 11,611 detik.

Lewis Hamilton

Langkah Hamilton untuk merebut kemenangan kali ini jauh lebih mulus dari musim sebelumnya. Penampilan apiknya di kualifikasi membuat Hamilton akhirnya memulai balapan dari pole position. Posisi ini pun dapat terus dipertahankannya hingga menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis.

Podium kedua di F1 GP Singapura 2018 diisi oleh pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen. Catatan waktunya terpaut 8,961 detik dari Hamilton. Sementara itu, podium ketiga ditempati oleh Sebastian Vettel.

1
5
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini