nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bersinar di MotoGP 2019, Quartararo Sempat Diragukan Yamaha

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 13:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 22 38 2081988 bersinar-di-motogp-2019-quartararo-sempat-diragukan-yamaha-KgEvVWMU89.jpg Fabio Quartararo. (Foto: Laman resmi MotoGP)

SELANGOR – Managing Director Yamaha, Lin Jarvis, terkejut melihat penampilan Fabio Quartararo saat ini. Ia dinilai telah tampil lebih dari harapan yang dipasang tim kepadanya. Sebab, di awal kedatangannya sendiri, Jarvis mengaku Yamaha tak memasang harapan besar. Bahkan, mendatangkan Quartararo dinilai sebagai risiko besar bagi Yamaha.

Quartararo memang terbilang bukan pembalap yang istimewa untuk direkrut oleh tim sebesar Yamaha di kelas MotoGP. Ia belum pernah mengantongi satu pun kemenangan di kelas Moto3 ataupun Moto2. Torehan terbaiknya hanyalah finis di posisi ke-10 pada gelaran Moto3 2015 dan Moto2 2018. Selain itu, usianya yang juga masih sangat muda juga dinilai mengkhawatirkan.

BACA JUGA: Vinales Berkembang Pesat di MotoGP, Jarvis: Semua Berkat Kepala Kru Baru

Dengan kondisi ini, Yamaha tentu saja tak memiliki harapan besar dari Quartararo. Tetapi, risiko besar yang diambil Yamaha nyatanya berbuah begitu manis karena pembalap asal Prancis itu ternyata bisa membuat kejutan besar pada musim debutnya.

Penampilan Fabio Quartararo di MotoGP 2019

"Itu (mengontrak Quartararo) tentu saja sebuah risiko. Tapi kenapa tidak? SIC adalah tim baru, kami tidak memiliki harapan yang sangat tinggi. Kami pikir tim perlu waktu untuk belajar. Tim SIC memiliki banyak orang yang berpengalaman sejak awal. Kami berpikir secara teori ini bisa menjadi tim yang sangat bagus, tetapi itu akan memakan waktu,” ujar Jarvis, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Senin (22/7/2019).

“Melibatkan Fabio (Quartararo) sebagai pembalap adalah keputusan yang sangat bagus. Tentu, Anda bisa mengambil pembalap lain dari Spanyol atau Italia. Tetapi seorang pemuda dari Prancis juga merupakan kebangkitan untuk kejuaraan. Bocah Prancis ini masih sangat muda. Dia tidak mahal. Ini juga memainkan peran besar dalam tim baru. Dia sering menunjukkan penampilan yang menjanjikan di kelas-kelas kecil. Empat atau lima tahun yang lalu, ia cukup sensasional di Moto3,” lanjutnya.

Penampilan Fabio Quartararo di MotoGP 2019

Pembalap berusia 20 tahun itu telah tiga kali meraih pole position. Dua di antaranya bahkan berhasil membawanya merengkuh podium yang terjadi di Grand Prix Catalunya dan Belanda. Di Catalunya, ia finis di posisi kedua, sementara di Belanda naik podium ketiga.

"Tetapi, tidak terbantahkan bocah itu memiliki bakat. Namun, setahun yang lalu kami tidak tahu apa yang diharapkan darinya. Apakah dia bisa mengendarai M1? Kami menjawab pertanyaan ini dengan ya. Itu sebabnya, kami setuju ketika diusulkan oleh tim SIC. Itu risiko, tapi dia jelas berbakat. Kami memiliki sedikit keraguan. Itu sebabnya kami memberinya kontrak dua tahun,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini