nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pembalap Terakhir Pemenang F1 GP Prancis

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 12:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 19 37 2068223 5-pembalap-terakhir-pemenang-f1-gp-prancis-rQrEgDMnlY.jpg Podium F1 GP Prancis 2018. (Foto: AFP)

PARA pembalap Formula One (F1) 2019 bakal kembali beraksi pada akhir pekan ini. Mereka bakal mentas dalam Grand Prix (GP) Prancis di berlangsung di Sirkuit Paul Ricard pada Minggu 23 Mei 2019 malam WIB.

Perlombaan di seri ini menjadi salah satu yang paling dinantikan para pencinta F1. Sebab, penyelenggaraan balapan di Prancis sendiri sempat vakum selama sembilan tahun. Prancis baru dapat kembali menggelar perlombaan F1 pada 2018.

Arena perlombaan pun mengalami perubahan saat F1 kembali berlangsung di Prancis. Tak lagi di Sirkuit Magny-Cours, Sebastian Vettel dan kawan-kawan mentas di Sirkuit Paul Ricard yang terletak di Kota Le Castellet yang dekat dengan Marseille pada gelaran 2018. Musim ini, ajang tersebut pun bakal turut digelar di sana.

Dengan kondisi ini, perlombaan di F1 GP Prancis pun tentu saja dipastikan bakal berjalan seru dan menarik. Ambisi besar dari seluruh pembalap untuk memenangkan perlombaan ini dipastikan akan membuat perlombaan berjalan sengit.

Membicarakan peluang menang, tentu saja ada beberapa driver yang dijagokan. Jika menilik dari penampilan di musim-musim sebelumnya, ada beberapa nama yang telah mencicipi naik podium pertama di F1 GP Prancis. Kali ini, Okezone pun akan membahas pembalap-pembalap tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima pemenang terakhir F1 GP Prancis 2019.

5. Fernando Alonso (2005)

Di urutan kelima, ada nama Fernando Alonso. Pembalap yang sudah memutuskan pensiun dari ajang F1 itu pernah mencicipi podium pertama di F1 GP Prancis pada 2005. Kala itu, Alonso tengah berseragam Renault.

Podium F1 GP Prancis 2005

Langkah Alonso untuk merebut kemenangan di F1 GP Prancis 2005 terbilang begitu mudah. Memulai balapan dari pole position, pembalap berpaspor Spanyol itu bisa secara konsisten menjaga posisinya hingga mengakhiri perlombaan di posisi terdepan dengan catatan waktu 1 jam 31 menit 22,232 detik.

Podium kedua kala itu diisi oleh pembalap McLaren-Mercedes, Kimi Raikkonen, yang catatan waktunya terpaut 11,805 detik. Sementara itu, podium ketiga ditempati oleh Michael Schumacher.

4. Michael Schumacher (2006)

Semusim selanjutnya, giliran legenda Ferrari, Michael Schumacher, yang memenangkan perlombaan di F1 GP Prancis. Penampilan apiknya sejak sesi kualifikasi telah mengantarkan Schumacher menempati podium pertama pada musim 2006.

Podium F1 GP Prancis 2006

Schumacher tampil begitu apik di gelaran F1 GP Prancis 2019. Ia bisa menyegel pole position setelah tampil ciamik di sesi kualifikasi. Tampilan apik ini pun terus dilanjutkan pembalap asal Jerman itu di sepanjang balapan.

Persaingan yang diberikan Fernando Alonso dan Felipe Massa (Ferrari) kala itu pun tak sama sekali mengusik posisi Schumacher. Alhasil, ia keluar sebagai tercepat dengan catatan waktu 1 jam 32 menit 7,803 detik.

3. Kimi Raikkonen (2007)

Di urutan ketiga, ada nama Kimi Raikkonen. Ia berhasil menyegel kemenangan di F1 GP Prancis kala berseragam Ferrari. Musim perdana Raikkonen berseragam Ferrari memang berjalan begitu manis. Sebelum menempati tempat pertama di Prancis, ia telah mengoleksi satu kemenangan dan dua podium.

Podium F1 GP Prancis 2007

Raikkonen tampil begitu trengginas di F1 GP Prancis 2007. Memulai balapan dari posisi ketiga, pembalap berpaspor Finlandia itu bisa merangsek ke depan melewat rekan setimnya, Felipe Massa, yang sejatinya berhasil merebut pole position kala itu.

Tak hanya Massa, Raikkonen juga memberikan persaingan ketat kepada rider Tim Mercedes, Lewis Hamilton. Alhasil, Raikkonen berhasil menyegel kemenangan dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 54,2 detik. Kemenangan ini turut mengantarkannya keluar menjadi kampiun pada musim 2007.

2. Felipe Massa (2008)

Setelah beberapa kali harus puas hanya menempati podium kedua dan ketiga di F1 GP Prancis, akhirnya Felipe Massa bisa keluar sebagai kampiun di seri ini pada musim 2008. Kemenangan dikantonginya setelah finis dengan catatan waktu 1 jam 31 menit 50,245 detik.

Podium F1 GP Prancis 2008

Massa kembali harus bersaing ketat dengan rekan setimnya, Kimi Raikkonen, untuk bisa menyegel kemenangan ini. Memulai perlombaan dari posisi kedua, pembalap berkebangsaan Brasil itu bisa merangsek ke depan, melewati Raikkonen yang tengah memimpin perlombaan kala itu.

Alhasil, kemenangan pun dipastikan jadi milik Massa. Sementara Raikkonen, ia harus puas hanya bertengger di tempat kedua. Podium ketiga sendiri ditempati oleh pembalap Toyota, Jarno Trulli, yang catatan waktunya terpaut 28,250 detik dari Massa.

1. Lewis Hamilton (2018)

Pemenang terakhir di F1 GP Prancis ialah rider Tim Mercedes, Lewis Hamilton. Pembalap asal Inggris tersebut berhasil menyuguhkan penampilan manis pada gelaran F1 GP Prancis 2018 yang untuk pertama kalinya dihelat di Sirkuit Paul Ricard.

Podium F1 GP Prancis 2018

Penampilan Hamilton kala itu begitu apik. Memulai balapan dari pole position, ia bisa terus mempertahankan kepemimpinannya hingga menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 11,385 detik.

Podium kedua pada gelaran F1 GP Prancis 2019 ini pun ditempati oleh rider Red Bull, Max Verstappen. Sementara itu, posisi di belakang Verstappen diisi oleh Kimi Raikkonen. Catatan waktu pembalap Ferrari itu terpaut 25,888 detik dengan Hamilton.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini