nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Pelatih Ungkap Kunci Sukses Khabib Nurmagomedov di MMA

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 01 Mei 2019 08:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 01 43 2050086 mantan-pelatih-ungkap-kunci-sukses-khabib-nurmagomedov-di-mma-Q5nzn2WKGU.jpg Petarung UFC Khabib Nurmagomedov (Foto: John Locher/AP)

NEW JERSEY – Ketenaran dan uang sama sekali bukan tujuan Khabib Nurmagomedov untuk menjadi seorang petarung gaya bebas (mixed martial arts/MMA). Pria asal Dagestan, Rusia, itu memang jatuh cinta dengan disiplin olahraga MMA hingga akhirnya bisa sukses menjadi juara di Ultimate Fighting Championship (UFC).

Pendapat tersebut diungkapkan oleh seorang mantan pelatih Khabib di awal kedatangannya di Amerika Serikat (AS), Murat Keshtov. Pria yang mengelola sebuah pusat kebugaran di New Jersey itu menuturkan, Khabib Nurmagomedov sudah menunjukkan dirinya spesial sejak datang pada Oktober 2011.

Keshtov mengatakan, pada awal kedatangannya di Negeri Paman Sam, Khabib selalu menginap di rumahnya hingga berhasil menemukan apartemen. Selama itu pula, Murat Keshtov sangat terkesan dengan sikap petarung berjuluk Si Elang tersebut.

Khabib Nurmagomedov

(Baca juga: UFC Resmi Dipindah, Khabib Comeback di Abu Dhabi?)

Bakat yang hebat dengan dasar beladiri sambo, dipadu dengan kerja keras serta disiplin, menjadikan Khabib Nurmagomedov bersinar terang di antara murid Keshtov lainnya. Apalagi, tujuan utamanya terjun di MMA bukan soal uang, tetapi menjadi juara.

Murat Keshtov

“Saya selalu tahu dia punya sesuatu yang spesial, karena tidak hanya berbakat, tetapi dia juga pekerja keras dan disiplin. Saya yakin sikap tersebut suatu hari nanti akan menjadikannya seorang juara,” ujar Murat Keshtov, mengutip dari Russia Today, Rabu (1/5/2019).

“Uang bukan sesuatu yang penting buatnya. Dia hanya ingin mencapai kejayaan dengan menjadi seorang juara. Dia hanya ingin menang, seperti itu lah mentalitasnya. Di MMA, 90% adalah soal mental. Jika Anda punya mental yang tepat, Anda akan sukses,” imbuh pria berdarah Rusia tersebut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini