nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayah Rossi Ceritakan Sejarah Nomor Motor 46

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 00:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 11 38 2042202 ayah-rossi-ceritakan-sejarah-nomor-motor-46-348R76hzbx.jpg Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)

TAVULLIA – Valentino Rossi selama ini dikenal sebagai pembalap yang identik dengan nomor motor 46. Sejak pertama kali memulai debutnya sebagai pembalap, hingga ia menjadi juara dunia sebanyak sembilan kali, Rossi belum pernah satu kalipun mengubah nomor motornya tersebut.

Rossi pernah memberi tahu alasannya menggunakan nomor 46 adalah karena ia terinspirasi dari sang ayah, Graziano Rossi. Perlu diketahui, ayah Rossi juga seorang pembalap motor grand prix. Graziano menggunakan nomor 46 pada tahun 1979, di mana ia memenangkan balapan pertamanya.

(Baca juga: Rossi: Sirkuit Austin Paling Sulit dalam Kalender MotoGP)

Vale Rossi bersama sang ayah

Secara kebetulan juga, pada tahun 1979 tersebut Rossi dilahirkan. Itulah mengapa Rossi menganggap angka 46 sebagai nomor keberuntungannya dan ia selalu menggunakannya. Padahal, Graziano sendiri adalah pembalap yang beberapa kali mengubah nomor motornya. Nomor 46 bukanlah angka yang digunakan Graziano secara konsisten saat masih jadi pembalap dahulu.

Maka dari itu, ia menilai alasan Rossi menggunakan nomor 46 bukanlah karena dipengaruhi oleh dirinya. Menurut Graziano, Rossi terinspirasi dari seorang pembalap Jepang yang melakoni balapan menggunakan nomor 46. Pasalnya, pembalap tersebut start dari posisi paling belakang, namun bisa memenangkan balapan.

Valentino Rossi

“Saya tidak selalu menjalani balapan dengan nomor motor 46. Orang-orang berpikir bahwa nomornya (Rossi) berasal dari sana. Sebenarnya, Valentino ketika masih kecil menonton balapan TV di malam hari yang dilangsungkan di Jepang dan ide itu muncul,” beber Graziano, menukil dari Tutto Motori Web, Jumat (12/4/2019).

“Itu terjadi begitu ia melihat balapan di mana pembalap Jepang start dari posisi terakhir dan memenangkan perlombaan dan menggunakan nomor 46. Jadi dia memutuskan untuk menggunakannya. Fakta bahwa saya telah menggunakannya juga hanya sebuah kebetulan,” lanjut Graziano.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini