nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir F1 GP China, Dominasi The Boss

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 09 37 2040977 5-pemenang-terakhir-f1-gp-china-dominasi-the-boss-50DjBMQcfS.jpg Lewis Hamilton saat menang di F1 GP China 2014. (Foto: Getty Images)

GELARAN Formula One (F1) 2019 telah memasuki seri ketiga yang bakal digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, China, pada Minggu 14 April 2019 siang WIB. Balapan di seri ini pun dipastikan bakal berlangsung seru dan menarik sehingga sulit untuk memprediksi siapa yang bakal keluar sebagai pemenang.

Hal tersebut terjadi karena beberapa pabrikan berhasil membuat peningkatan yang cukup pesat dengan kendaraannya. Alhasil, para pembalap mereka pun bisa terus bersaing untuk memperebutkan podium di setiap balapan. Hal seperti ini dapat terlihat di seri kedua yang digelar di Sirkuit Internasional Bahrain. Di sana, pembalap anyar Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, secara mengejutkan bisa tampil begitu trengginas sehingga nyaris menghentikan dominasi Mercedes.

Sayang, hal itu urung terjadi lantaran mobil Leclerc mengalami masalah di beberapa lap terakhir F1 GP Bahrain 2019. Mercedes kembali menghadirkan pembalap mereka sebagai pemenang. Meski begitu, tak menutup kemungkinan, kemenangan bisa diraih Ferrari di seri ketiga ini. Begitu juga dengan pembalap dari tim-tim lain yang memiliki peluang merebut podium pertama di F1 GP China 2019.

Sebelum mengetahui siapa pemenang GP tersebut musim ini, Okezone akan membeberkan pembalap yang berhasil merebut kemenangan lima musim terakhir di China. Sebagian besar memang menghadirkan nama pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019), berikut lima pemenang terakhir F1 GP China.

5. Lewis Hamilton (2014)

Pada 2014, gelaran F1 GP China berhasil dimenangi oleh Hamilton. Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas ini berhasil tampil begitu gemilang sejak awal balapan hingga garis finis. Ia pun mengklaim podium pertama setelah finis dengan catatan waktu 1 jam 33 menit 28,338 detik.

Lewis Hamilton

The Boss –julukan Hamilton– memang berhasil tampil trengginas di F1 GP China 2014. Ia mampu mengalahkan setiap lawannya, termasuk ancaman dari rekan setimnya, Nico Rosberg. Rosberg yang memulai balapan dari posisi keempat secara menakjubkan bisa berada tepat di belakang Hamilton di sepanjang balapan ini.

Beruntung, Hamilton masih bisa mengatasi perlawanan sengit dari rekan setimnya itu. Alhasil, pembalap berpaspor Inggris itu keluar sebagai pemenang. Sementara Rosberg, ia hanya bisa bertengger di tempat kedua dengan catatan waktu yang terpaut 18,062 detik.

4. Lewis Hamilton (2015)

Semusim selanjutnya, Hamilton kembali berhasil mempertahankan tren positifnya di Sirkuit Internasional Shanghai, China. Hal ini terbukti dari bertenggernya kembali sosok pembalap berpaspor Inggris itu di podium pertama F1 GP China 2015.

Lewis Hamilton

Untuk meraih kemenangan di Negeri Tirai Bambu –julukan China, Hamilton kembali harus terlibat duel dengan Roseberg. Kali ini, persaingan yang tersaji semakin ketat. Hal ini terbukti dari catatan waktu kedua pembalap yang terpaut begitu tipis.

Hamilton menyegel podium pertama dengan catatan waktu 1 jam 39 menit 42,008 detik. Sementara itu, catatan waktu pembalap asal Jerman itu yang bertengger di posisi kedua hanya terpaut 0,714 detik dengan Hamilton.

3. Nico Rosberg (2016)

Pada gelaran F1 GP China 2016, nama baru hadir di podium pertama. Tak lagi Hamilton, kali ini Rosberg berhasil keluar sebagai pemenang. Ia menyegel podium pertama dengan catatan waktu 1 jam 38 menit 53,891 detik.

Nico Rosberg

Setelah perjuangan keras Rosberg tak membuahkan hasil dalam beberapa musim terakhir, ia akhirnya berhasil menyegel podium pertama di F1 GP China pada 2016. Tak lagi bersaing dengan Hamilton, kemenangan ini diraih Rosberg setelah bertarung ketat dengan pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Hamilton sendiri hanya bisa finis di posisi ketujuh pada F1 GP China pada 2016. Ia tak mampu berbicara banyak lantaran melakukan permulaan yang kurang apik. Di awal perlombaan sendiri, ia hanya bisa memulainya dari posisi ke-22. Kemenangan di F1 GP China 2016 pun turut mengantarkan Rosberg keluar sebagai juara di akhir musim.

2. Lewis Hamilton (2017)

Hamilton tampak jelas tak mau berlama-lama menghilangkan gelar Raja Sirkuit Shanghai. Sebab, pada 2017, ia kembali berhasil menyegel podium pertama. Kemenangan diraih dengan catatan waktu 1 jam 37 menit 36,158 detik.

Formula One GP China 2017

Kali ini, Hamilton tak lagi berduel dengan Rosberg untuk meraih kemenangan. Sebab, sang rekan setim memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2016, tepat setelah gelar juara perdana di F1 berhasil diraih Rosberg.

Hamilton pun terlibat pertarungan dengan Vettel. Pembalap asal Jerman itu berhasil membuntuti Hamilton sejak awal lomba hingga garis finis. Beruntung, dengan kecerdikan dan pengalamannya, Hamilton berhasil merengkuh kemenangan.

1. Daniel Ricciardo (2018)

Di musim lalu, tren positif Hamilton kembali terhenti. Kemenangan di F1 GP China 2018 diraih oleh pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo. Pembalap asal Australia tersebut mencatatkan waktu terbaik, yakni 1 jam 35 menit 36,380 detik.

Daniel Ricciardo

Kali ini, Hamilton pun tak turut bertarung untuk memperebutkan podium pertama. Ia hanya bisa finis di posisi keempat setelah memulai perlombaan dari urutan yang sama. Meski begitu, Ricciardo tetap mendapat persaingan yang ketat dari pembalap lain Mercedes untuk merebut kemenangan tersebut, yakni dari Valtteri Bottas.

Penampilan Ricciardo di F1 GP China 2018 sendiri terbilang fantastis. Sebab, kemenangan ini diraih saat dirinya hanya bisa memulai perlombaan di tempat keenam. Ia berhasil tampil trengginas sehingga melewati Vettel yang merebut pole position hingga Kimi Raikonnen yang berada di tempat kedua di grid.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini