Ciabatti Jelaskan Alasan Ducati Tak Secepat Musim Lalu saat di Qatar

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 10:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 21 38 2032954 ciabatti-jelaskan-alasan-ducati-tak-secepat-musim-lalu-saat-di-qatar-OvpqbzRjNM.jpg Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, memang sukses memenangi balapan seri perdana MotoGP 2019. Akan tetapi di Sirkuit Losail, Qatar itu, The Little Dragon –julukan Dovizioso– tak masuk ke dalam pencetak top speed terbaik. Dovizioso bisa dikatakan kalah bila membicarakan siapa pembalap yang dapat memacu kuda besinya ke kecepatan maksimal saat tampil di Sirkuit Losail tersebut.

Tercatat Dovizioso hanya mampu menorehkan 346,3 km/jam untuk kecepatan maksimal yang dibuatnya di sepanjang balapan MotoGP Qatar 2019. Catatan waktu tersebut pun membuat pembalap asal Italia itu menempati posisi ke-11 dalam daftar pembalap tercepat di Qatar.

Baca Juga: Mantan Insinyur Ferrari Beberkan Penyebab Winglet Ducati Diprotes Tim Lain

Kalahnya Dovizioso dalam hal kecepatan motor mungkin menjadi suatu hal yang cukup mengagetkan. Pasalnya di musim lalu, Dovizioso mampu memenangi seri balapan di Qatar sekaligus masuk ke dalam 10 besar pembalap tercepat di sirkuit tersebut.

Ducati pun mengakui Desmosedici sudah tak secepat musim lalu. Menurut pemaparan Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, alasan menurunnya top speed Desmosedici GP 19 dikarenakan mereka menggunakan winglet yang membuat kecepatan motor menjadi sedikit menurun.

“Musim lalu, Dovizioso balapan di Qatar tanpa winglet dan itu memungkinkannya untuk mendapatkan kecepatan maksimum yang lebih tinggi,” ujar Ciabatti, seperti yang dikutip dari Motorsport, Kamis (21/3/2019).

“Akan tetapi berdasarkan regulasi baru, kami harus melakukan homologasi fairing dengan winglet, dan Anda tidak dapat memakainya di beberapa sirkuit tertentu. Fakta itu berarti membuat kecepatan maksimum motor kami menjadi menurun,” tambahnya.

Untuk yang masuk ke dalam daftar 10 pembalap tercepat di MotoGP Qatar 2019, Marc Marquez (Repsol Honda) tampaknya berada di urutan teratas setelah mencatatkan kecepatan 352 km/jam. Selain Marquez, ada nama Cal Crutchlow (LCR Honda), Jorge Lorenzo (Repsol Honda), Jack Miller (Pramac Ducati), Joan Mir (Suzuki Ecstar), dan beberapa pembalap lainnya.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini