nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggunaan Aerodinamika Baru Dianggap Buat Balapan F1 Makin Menarik

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 14:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 20 37 2032598 penggunaan-aerodinamika-baru-dianggap-buat-balapan-f1-makin-menarik-wPnVhnK4Bu.jpg Aksi para pembalap F1 di GP Australia 2019. (Foto: Twitter Mercedes AMG Petronas)

PARIS – Direktur Olahraga Formula One (F1), Ross Brawn, mengaku puas dengan hasil GP Australia 2019, yang mana dianggapnya telah berhasil memperlihatkan balapan yang menarik. Hal tersebut diungkapkan Brawn lantaran hadirnya perangkat baru membuat para pembalap jadi lebih sering saling salip-menyalip.

Sebagaimana diketahui, pada ajang F1 2019 banyak tim yang memang sudah mempergunakan perangkat aerodinamika yang baru. Karena perangkat anyar tersebut, Brawn mendengar pendapat banyak pembalap yang mengatakan mobil menjadi terasa lebih netral ketika sedang berada di dekat driver lain.

Baca Juga: Direktur F1 Girang karena Poin Fastest Lap Buat Balapan Makin Sengit

Dengan semakin netralnya mobil ketika berada di belakang pembalap lain, telah memungkinkan peluang saling-menyalip menjadi lebih banyak. Hal tersebutlah yang menyebabkan overtake terlihat lebih sering terjadi di F1 GP Australia 2019. Brawn yang menyaksikan balapan tersebut pun mengaku sangat bahagia karena balapan F1 kembali menjadi semakin menarik.

“Kesan dari balapan awal cukup menggembirakan. Selain adanya sejumlah aksi saling salip-menyalip, kami juga melihat banyak pertarungan seru yang terjadi. Jelas tidak semuanya karena aeroadinamika baru, namun lebih karena performa tim-tim papan tengah juga makin setara,” kata Brawn, seperti diwartakan Motorsport, Rabu (20/3/2019).

“Akan tetapi, sejumlah pembalap mengatakan hal itu (aerodinamika baru) membuat mobil terasa lebih netral saat menempel mobil lain bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun lintasan Sirkuit Albert Park bukan tempat yang pas untuk melakukan tes secara akurat. Jadi saya lebih memilih untuk menunggu sampai tiga balapan berikutnya sebelum mengambil kesimpulan. Namun sekali lagi, kesan awalnya cukup menggembirakan,” tutupnya.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini