nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Penetapan Regulasi Teknis, MotoGP Minta Tiru F1

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 17:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 19 38 2032201 terkait-penetapan-regulasi-teknis-motogp-minta-tiru-f1-qxazMoWLzA.jpg Para pembalap tampil di MotoGP Qatar 2019 (Foto: motogp.com)

ROMA – Legenda MotoGP, Max Biaggi, memberikan komentar mengenai kisruh komponen ilegal yang digunakan oleh Tim Ducati kala tampil di seri perdana kejuaraan dunia tahun ini. Biaggi pun menyarankan FIM –selaku panitia MotoGP– untuk mengikuti Formula One (F1) dalam hal menetapkan regulasi.

Sebagaimana diketahui, terdapat empat tim yang menuduh Tim Ducati menggunakan komponen ilegal kala tampil di Sirkuit Losail beberapa waktu lalu. Mereka mempermasalahkan winglet yang terpasang di bagian depan ban belakang motor Ducati pada MotoGP Qatar.

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso

Keempat tim tersebut menduga winglet tersebut untuk membantu mendinginkan ban belakang, yang mana hal tersebut merupakan ilegal. Akan tetapi protes keempat tim tersebut mendapatkan reaksi negatif dari FIM –selaku penyelengara MotoGP.

Baca Juga: Bila Ducati Terbukti Gunakan Perangkat Ilegal, KTM Tak Ingin Kemenangan Dovi Dicabut

Kisruh yang terjadi terkait komponen ilegal Tim Ducati tersebut menarik perhatian dari Biaggi. Pria berkebangsaan Italia tersebut menyoroti FIM yang masih labil dalam menerapkan regulasi teknis di MotoGP. Biaggi menuntut agar FIM bisa mengikuti jejak F1 agar permasalahan seperti ini tak terulang.

Max Biaggi

“Masalahnya, aerodinamika selalu menjadi pembahasan penting dalam regulasi, karena batasan legal dan ilegalnya benar-benar sangat tipis,” ucap Biaggi, seperti dilaporkan oleh Tuttomotoriweb, Selasa (19/3/2019).

“Kita tahu benar bahwa di F1, para ahli aerodinamika selalu mencari celah pada regulasi demi keuntungan tim. Sementara itu, selama beberapa tahun terakhir aerodinamika sangat berkembang pesat di MotoGP,” tutup pria berusia 47 tahun tersebut.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini