nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Lain Ribut Masalah Winglet Ducati, KTM: Dovizioso Memang Layak Menang

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 20:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 16 38 2030947 tim-lain-ribut-masalah-winglet-ducati-ktm-dovizioso-memang-layak-menang-noSM19iYls.jpg Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso (Foto: laman resmi MotoGP)

LOSAIL – KTM menjadi salah satu tim yang mengajukan protes terhadap penggunaan perangkat ilegal yang digunakan Ducati saat tampil di balapan perdana MotoGP 2019. Seperti diketahui, pabrikan Italia itu menggunakan winglet pada bagian depan ban belakang Desmosedici GP19.

Penggunaan winglet tersebut disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuat pembalap mereka, Andrea Dovizioso tampil sangat cepat hingga berhasil meraih podium pertama balapan seri perdana tersebut.

Tindakan Ducati yang dinilai telah melanggar peraturan dengan menggunakan perangkat ilegal pun sempat membuat gelar juara Dovizioso di Sirkuit Losail Qatar terancam dicabut. Akan tetapi, tanggapan berbeda di sampaikan pihak KTM.

Baca juga: Protes soal Winglet Dibawa ke FIM, Dall'Igna: Kami Tenang-Tenang Saja

Meski ikut mengajukan protes terhadap tindakan tersebut, Pit Beirer selaku bos KTM menilai Desmodovi –julukan Dovizioso– memang tampil sangat baik dan layak menjadi pemenang pada balapan tersebut.

“Kami tak cemas Ducati bakal kehilangan kemenangan Dovi. Semoga Dovi tak kehilangan kemenangan ini karena ia layak menang. Tak satupun dari kami tertarik melihat kemenangan Dovi dicabut. Kami hanya ingin kejelasan untuk masa depan. Kami ingin klarifikasi apakah perangkat itu legal. Di area ini, regulasi harus jelas karena situasi sekarang mulai di luar kendali. Kegilaan aerodinamika harus dikurangi,” ujar Beirer, melansir dari laman Crash, Sabtu (16/3/2019).

“Layangan protes ini adalah konsekuensi logis. Kami percaya winglet ini memberikan perbedaan. Kami juga membicarakannya dengan Danny dan memintanya memberitahu Ducati. Tapi Ducati sangat yakin perangkat mereka sesuai aturan. Ducati sudah menyadari sejak Sabtu bahwa mereka akan mendapat protes, tapi mereka tetap memakainya pada Minggu,” tukasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini