nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamilton Akui Tak Kuasa Menolak Team Order Mercedes di GP Rusia 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 02:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 01 37 1958266 hamilton-akui-tak-kuasa-menolak-team-order-mercedes-di-gp-rusia-2018-902doyde7s.jpg Lewis Hamilton dan Toto Wolff (Foto: AFP)

SOCHI – Sebuah kontroversi terjadi kala Tim Mercedes melakukan team order pada gelaran seri ke-16 Formula One (F1) 2018 di Sirkuit Sochi, Rusia. Pasalnya, pada balapan tersebut Bos Mercedes, Toto Wolff, menginginkan agar Valtteri Bottas menyerahkan posisi pertamanya kepada Lewis Hamilton.

Hamilton bisa saja menyudahi balapan di posisi kedua, namun Wolff dan Tim Mercedes nyatanya tak menginginkan demikian. Mercedes ingin mencoba mengakhiri musim sesegera mungkin. Maka dari itu, mereka meminta agar Hamilton yang memenangi balapan supaya perolehan poinnya dengan Sebastian Vettel di papan klasemen menjadi semakin jauh.

(Baca juga: Vettel Sebut Duo Mercedes Tak Punya Otak)

Lewis Hamilton

Secara pribadi, Hamilton merasa tidak puas dengan kemenangan yang didapatnya tersebut. Pasalnya, Hamilton tidak mendapatkannya karena usahanya sendiri. Pembalap asal Inggris itu juga menerangkan kalau ia sebenarnya tak ingin melakukan team order. Kendati demikian, pada akhirnya Hamilton harus menyerah karena ia tak kuasa menolak instruksi tim.

β€œItu melintas di benak saya dan saya benar-benar memikirkannya. Dalam 12 lap terakhir saya berpikir, 'Ini terasa sangat aneh berada di depan' dan itu tidak terasa hebat. Tetapi, saya ingat tim juga mengatakan bahwa hasil yang kami butuhkan akhir pekan ini (di Rusia) adalah penting,” beber Hamilton, menukil dari F1 Today, Selasa (2/10/2018).

Lewis Hamilton

"Kami membutuhkan 10 poin itu, karena jika mobil rusak, atau kami kehilangan dua mesin dan kami kehilangan kejuaraan karena selisih satu atau tiga poin, maka kami akan melihat kembali ke hari ini dan mengatakan kami tidak bekerja sebagai tim. Itu alasan mereka, sekeras itu untuk menelannya,” lanjut Hamilton.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini