Idan Sabet Medali Perak di Kejuaraan Junior Asia Atletik

ant, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2018 10:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 10 43 1908818 idan-sabet-medali-perak-di-kejuaraan-junior-asia-atletik-XNrUEYfJvd.jpg Ilustrasi Lompat Galah (Foto: ANTARA)

JAKARTA - Atlet lompat galah pemusatan latihan nasional Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Idan Fauzan Richsan berhasil menyabet medali perak dalam Kejuaraan Junior Asia 2018 yang berlangsung di Gifu, Jepang, pada 7-10 Juni 2018.

"Idan sebenarnya berusaha memecahkan rekor nasional, tapi dia kelelahan sampai bergetar karena lemas," kata Manajer Tim Indonesia dalam Kejuaraan Junior Asia 2018 Agustinus Ngamel dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Idan meraih lompatan setinggi 5,15 meter dan meraih peringkat kedua setelah atlet tuan rumah Jepang Syunto Ozaki yang mendapatkan medali emas dengan lompatan 5,20 meter. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Thailand Kasinpob Chomchanad dengan lompatan 5,00 meter.

Agustinus mengatakan atlet asuhannya itu semula berusaha meraih lompatan 5,25 meter atau mengungguli rekor nasional lompat galah 5,2 meter. Tapi, Idan gagal setelah tiga kali melakukan percobaan.

Baca juga KONI Bakal Pastikan Target Indonesia Tercapai di Asian Games 2018

Atlet junior lain lompat galah Indonesia Dedi Irawan menempati peringkat kelima dengan lompatan 4,90 meter.

PB PASI mengirim delapan atlet dalam Kejuaraan Junior Asia 2018 di Jepang. Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri pada nomor lari 100 meter putra, Bakti Ladia Mukhtar nomor lari 100 meter putra dan 200 meter putra, Halomoan E. Binsar nomor lari gawang 400 meter, Idan Fauzan Richsan dan Dedi Irawan nomor lompat galah.

Kemudian, Rafika Putra nomor lontar martil putra, Jeany Nuraini Agreta nomor lari 100 meter putri, Marselina Tamu Apu nomor lari 400 meter.

Sebelumnya, Sekretaris Umum PB PASI Tigor M. Tanjung mengatakan mengharapkan peroleh medali dari atlet junior nomor lari 100 meter putra nasional Lalu Muhammad Zohri untuk merebut medali kejuaraan junior Asia.

Lompat Galah (Ilustrasi)

Idan dan Lalu merupakan dua dari tiga atlet junior nasional yang telah meraih kualifikasi menuju kejuaraan Atletik Junior Dunia di Finlandia pada 10-15 Juli. Atlet junior lain yang juga berhasil mendapatkan kualifikasi itu adalah Halomoan E. Binsar.

Selain mengikutsertakan atlet-atletnya ke Kejuaraan Junior Asia, PB PASI juga mengirim sembilan atlet dalam Kejuaraan Terbuka di Korea Selatan pada 16-17 Juni 2018.

Sembilan atlet itu adalah Bayu Kertanegara, Eko Rimbawan, Fadlin, Rio Maholtra, Sapwaturrahman, Suwandi Wijaya, dan Yaspi Boby. Kemudian, Emilia Nova, dan Eki Febri Ekawati.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini