nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Blunder JR Smith Jadi Alasan Kekalahan Cavaliers dari Warriors

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 13:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 01 36 1905413 blunder-jr-smith-jadi-alasan-kekalahan-cavaliers-atas-warriors-ooEZbrHkfk.jpg Lebron James dan JR Smith. (Foto: ABC)

OAKLAND – Pertandingan final pertama NBA 2017-2018 yang diadakan di Oracle Arena, Jumat (1/6/2018), berlangsung sangat sengit. Bagaimana tidak, game yang mempertemukan Cleveland Cavaliers melawan Golden State Warriors itu, harus dilanjutkan ke babak over time lantaran hingga kuarter keempat kedua tim mengoleksi poin yang sama, yakni 107-107.

Sebenarnya sebelum babak over time tersebut, Cavs –julukan Cavaliers– memiliki peluang besar untuk menang. Hal tersebut dikarenakan beberapa saat menjelang permainan berakhir, tepatnya 4,7 detik sebelum usai, Cavs mendapatkan kesempatan untuk melakukan free throw. Akan tetapi, akibat kesalahan shooting guard Cavs, JR Smith, permainan pun harus ke babak tambahan dan pada akhirnya Cavs pun harus takluk dari sang tuan rumah.

Baca juga: Meski LeBron James Cetak 51 Poin, Cleveland Tetap Kalah dari Golden State Warriors

Kejadian itu bermula ketika kesempatan free throw pertama yang dilakukan oleh guard Cavs, George Hill, membuat skor imbang menjadi 107-107. Akan tetapi, di kesempatan kedua, Hill gagal memasukkan bola kembali.

Smith yang berhasil merebut bola kembali secara aneh malahan mundur dan tetap mengamankan bola tanpa berbuat apa-apa. Padahal, jika Smith berusaha kembali untuk memasukkan bola ke dalam ring, Cavs bisa saja keluar sebagai pemenang. Akan tetapi, ia mengira bahwa timnya sudah unggul dan membiarkan dirinya menahan bola agar dapat dilanggar oleh tim lawan.

Hal itu pun didukung dengan pernyataan sang pelatih Cavaliers, Tyronn Lue, yang mengatakan bahwa Smith memang mengira bahwa timnya itu sedang unggul satu angka. Akan tetapi, pada kenyataannya, pada saat itu kedua tim memiliki nilai poin yang sama besar.

Meski begitu, Smith menyanggah semua pernyataan tersebut. Smith mengatakan bahwa dirinya tahu bahwa kedua tim memiliki nilai poin yang sama. Ia pun membeberkan alasan dia menjauh dari ring itu karena ingin mencari posisi yang tepat untuk melepaskan lemparan.

“Saya mencoba untuk mendapatkan cukup ruang untuk melepaskan tembakan. Saya tahu bahwa kami sedang imbang. Saya pikir kami akan menggunakan jatah time out kami. Apabila saya berpikir bahwa kami sedang unggul, tentu saya akan menahan bola dan membiarkan mereka melakukan pelanggaran,” ucap Smith, dikutip dari ESPN, Jumat (1/6/2018).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini