Image

Patung Penghormatan Nicky Hayden Bakal Diresmikan 8 Juni 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 06:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 13 38 1897588 patung-penghormatan-nicky-hayden-bakal-diresmikan-8-juni-2018-Ui05EqQ6h7.jpg Nicky Hayden (Foto: AFP)

OWENSBORO – Dapat dikatakan bahwa Nicky Hayden merupakan salah satu pembalap terbaik MotoGP asal Amerika Serikat yang pernah ada. Pasalnya, meski kini Hayden telah meninggal dunia hampir satu tahun lamanya, namun publik Amerika masih merasa kehilangan. Tak ayal, untuk mengenang jasa Hayden, pada akhirnya dibuatkanlah sebuah patung sebagai tanda penghormatan.

Publik Amerika menilai bahwa Hayden merupakan sosok yang layak untuk dikenang di negaranya. Hal tersebut tentunya tak lepas dari keberhasilan pembalap berjuluk Kentucky Kid itu dalam memenangkan kejuaraan MotoGP 2006. Di musim tersebut Hayden mampu mengalahkan sang juara bertahan, Valentino Rossi, yang sekaligus memutus rekor juara The Doctor selama lima musim beruntun.

(Baca juga: Ucapan Selamat Valentino Rossi saat Hayden Juara MotoGP 2006)

Nicky Hayden

Salah satu performa yang tak bisa dilupakan dari Hayden pada 2006 adalah penampilannya di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat. Selain tampil di hadapan publik pendukungnya sendiri, dalam balapan tersebut Hayden juga mampu memenangkan balapan. Selepas balapan, ia pun berkeliling lintasan sambil mengibarkan bendera Amerika Serikat sebagai bentuk perayaannya.

Ekspresi Hayden saat merayakan kemenangan itulah yang kemudian menjadi inspirasi seorang seniman asal Colorado, George Lundeen, dalam membuat patung Kentucky Kid. Patung tersebut bakal diletakkan di kampung halaman Hayden, yakni Owensboro, tepatnya di depan halaman Owensboro Convention Center.

Patung Hayden itu akan diresmikan pada 8 Juni 2018 dan diproklamasikan sehari setelahnya oleh Wlikota Owensboro, Tom Watson. Ada pun dipilihnya tanggal 9 Juni (6/9) lantaran angka di tanggal tersebut sama dengan nomor motor yang digunakan Hayden ketika menjadi seorang pembalap, yakni 69.

Nicky Hayden

“Nicky meninggalkan kami hampir setahun lalu, dan kami masih tetap merindukannya setiap hari. Kami mengapresiasi dukungan yang para fans­ Hayden telah berikan kepada keluarga kami selama 12 bulan lamanya, dan kami barharap melihat banyak dari mereka saat kami mengungkap penghormatan indah ini  (peresmian patung) untuk Nicky,” ujar kakak dari Hayden, menyadur dari laman resmi MotoGP, Minggu (13/5/2018).

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kota Owensboro atas dukungannya dalam proyek ini. Nicky mencintai kota ini dan sangat bangga merepresentasikannya dengan cara yang positif. Jadi, pantas baginya untuk diabadikan di sini,” tukasnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini