Cirebon Siap Jadi Saksi Pengesahan Juara Srikandi Cup 2017-2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 06:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 18 36 1887996 cirebon-siap-jadi-saksi-pengesahan-juara-srikandi-cup-2017-2018-z3h95Qkqrl.jpg Piala Srikandi Cup (Foto: Media Officer Srikandi Cup)

CIREBON – GMC Arena di Kota Cirebon, akan menjadi tempat sakral sekaligus saksi bagi juara perdana Kompetisi Basket Putri Indonesia yang musim ini dan hingga seterusnya berganti nama menjadi Srikandi Cup. Pada tiga seri awal yang lalu, menempatkan nama klub Surabaya Fever menjadi yang terbaik, dibayangi oleh pesaing terkuatnya yakni Merpati Bali.

Namun ini adalah babak Playoff yang tidak bersahabat dengan sistem eliminasi awal (sistem gugur), lengah sedikit saja tidak ada kata ampun lagi, meski secara peringkat tim tersebut mungkin lebih baik dari lawannya.

Berdasarkan hasil poin secara keseluruhan babak regular di tiga seri awal, Surabaya Fever yang menempati peringkat pertama akan berjumpa dengan wakil Sulawesi Selatan, Flying Wheel Makassar (peringkat 8). Diperingkat kedua Merpati Bali akan meladeni tuan rumah GMC Cirebon (7). Laga yang tidak kalah serunya, akan terjadi saat peringkat ketiga Tenaga Baru Pontianak beradu strategi dengan Tanago Friesian Jakarta (5), disusul Merah Putih Samator Jakarta (4) akan mencoba menebus membalas kekalahannya di seri 3 Jakarta kemarin atas Sahabat Semarang (5).

(Piala Srikandi Cup 2017-2018. Foto: Media Officer Srikandi Cup)

“Babak ini adalah partai hidup mati. Sudah pasti atmosfirnya berbeda jauh dengan tiga seri regular kemarin dan kami yakin publik pecinta olahraga di kota Cirebon haus dengan tontonan yang berskala Nasional ini. Kami tidak ragu dengan persiapan tuan rumah GMC Cirebon yang sudah sering menggelar berbagai kejuaraan basket dari kelompok umur hingga event basket besar lainnya,“ ujar Deddy Setiawan, selaku koordinator Srikandi Cup.

General Manager GMC Cirebon, Wahyu Gunarto dalam acara jumpa pers siang tadi juga mengucapkan selamat datang kepada para tim Srikandi Cup yang akan berlaga di babak playoff nanti. Mantan shooting guard Nasional di era tahun 1980an yang pernah memperkuat klub basket putra Gentong Kumala Jaya (Semarang), Utama Jogja dan Asaba (Jakarta) dikompetisi basket Nasional di eranya, menyampaikan semoga dengan diselenggarakannya babak playoff di GMC Arena, akan menambah wawasan bagi pecinta basket khususnya anak muda, serta mempopulerkan lagi cabang ini untuk lebih di minati lagi di Kota yang berjuluk “Kota Udang” ini.

“Saya ucapkan selamat datang dan bertanding kepada klub peserta Srikandi Cup. Semoga dengan digelarnya playoff di sini, para penggemar basket khususnya anak muda di Cirebon dapat terhibur dan juga bisa menambah pengetahuan mereka mengenai basket. Dan yang terpenting mereka juga bisa menyaksikan langsung bahwa basket Putri juga menarik untuk di tonton. Tidak hanya itu, anak-anak muda Cirebon lebih banyak lagi yang mau bermain basket, terutama putrinya,” kata Wahyu Gunarto yang juga ditunjuk sebagai Manager Timnas Basket Putri 5on5 Indonesia di ajang Asian Games 2018 pada bulan Agustus mendatang.

Pria yang juga akrab disapa dengan nama Njoo Lie Wen, ini juga berharap timnya GMC Cirebon bisa memperbaiki peringkat secara keseluruhan di musim ini dan yang terpenting ada kemajuan untuk para pemain mudanya untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Hal lainnya, Srikandi Cup bisa menjadi liga teratas di perbasketan putri dan dapat dikemas sebagai tontonan dan bisnis yang menarik. Karena dari liga inilah diharapakan sebagai tolak ukur untuk pemilihan pemain Nasional untuk bisa membawa prestasi basket Putri Indonesia berbicara lebih banyak lagi secara prestasi.

“Semoga Srikandi Cup yang digelar dengan semangat kebersamaan ini berjalan terus dengan baik setiap tahun. Dilapangan kita boleh  bersaing satu sama lain, tapi diluar lapangan kita semua adalah saudara. Masukan saya untuk musim depan aturan kepindahan pemain agar bisa lebih jelas, supaya tidak terjadi kesalapahaman antar klub. Dan juga para owner bisa berjiwa besar menyelesaikan hal-hal seperti ini secara kekeluargaan. Kami yakin semua yang terlibat di Srikandi Cup, baik itu owner, pelatih pemain dan semuanya yang terlibat punya tujuan mulia yang sama, yakni ingin basket Putri Indonesia maju dan tentnunya semoga Srikandi Cup musim depan juga semakin dilirik oleh calon sponsor lainya, “ pungkas ayah dari Deniece Andriana Gunarto yang juga salah satu pemain andalan Generasi Muda Cirebon.  

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini