nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aprilia Menyesal Rekrut Sam Lowes pada MotoGP 2017

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 19:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 10 38 1870819 aprilia-menyesal-rekrut-sam-lowes-pada-motogp-2017-5nQ84z2BjH.jpg Sam Lowes (Foto: AFP)

FAENZA – Manajer Tim Aprilia, Romano Albesiano, mengakui bahwa timnya telah melakukan kesalahan dengan merekrut Sam Lowes pada MotoGP 2017. Sempat menjadi harapan Aprilia, tapi pada akhirnya pembalap berpaspor Inggris itu harus turun kelas pada musim 2018.

Lowes merupakan pemain jebolan Moto2 yang kemudian naik kelas ke MotoGP karena direkrut oleh Aprilia. Pada awalnya, penandatanganan kontrak mereka terjadi dua tahun hingga 2018. Namun, usai mengarungi MotoGP musim lalu, Aprilia lebih memilih untuk melepas sang rookie.

Albesiano mengaku tidak menilai buruk Lowes. Hanya saja kurangnya pengalaman membuat Lowes tampaknya tidak bisa berbuat banyak di kelas MotoGP. Pada musim lalu, ia harus puas menempati posisi 25 klasemen akhir pembalap dengan raihan lima poin.

Koleksi angkanya itu bahkan masih kalah dari Michele Pirro dan Mika Kallio yang masing-masing merupakan test driver dari Ducati dan KTM. Pirro berhasil mencatatkan 25 poin, sementara Kallio sukses mengumpulkan 11 angka.

Baca juga Angel Nieto Tertarik Jadi Tim Satelit Yamaha

“Sayangnya, tidak semua rookie bisa melakukannya dengan baik. Yang penting adalah kapasitas pembalap untuk memperbaiki, membuat lompatan berkualitas, meski awalnya menderita,” ungkap Albesiano, mengutip dari Motorsport, Sabtu (10/3/2018).

Kesempatan yang diberikan Aprilia kepada Lowes ternyata tak membuahkan hasil. Tercatat raihan terbaiknya adalah dengan finis di posisi 13 dan 14 di balapan seri kelima dan k-15 yang berlangsung di Prancis dan Jepang.

“Sayang sekali karena kami percaya pada Sam, tapi tidak melihat adanya perbaikan yang kami putuskan untuk berubah. Kami harus fokus untuk mendapatkan seseorang yang lebih berpengalaman karena motor kami sangat berbeda dari yang lain,” lanjutnya.

Baca juga Angel Nieto Enggan Jadi Bayang-Bayang Pramac Ducati

“Mungkin kami bersalah karena terlalu banyak menilai diri kami sendiri, mengingat kami masih dalam pertumbuhan proyek,” tambahnya.

Beruntung pada MotoGP 2017, Aprilia masih memiliki Aleix Espargaro. Pembalap berpaspor Spanyol itu berhasil menyelamatkan wajah tim asal Italia itu dengan menyelesaikan klasemen akhir pembalap di posisi ke-15. Namun, tetap saja Aleix tak mampu mengangkat Aprilia yang akhirnya terpuruk di papan klasemen pabrikan dan tim.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini