Image

Tito Rabat Lebih Suka Motor Balap Ducati ketimbang Honda

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 07:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 15 38 1859814 tito-rabat-lebih-suka-motor-balap-ducati-ketimbang-honda-InFe1esmYY.jpg Tito Rabat (Foto: AFP)

MADRID – Gelaran musim balap MotoGP 2018 akan menjadi petualangan baru bagi pembalap asal Spanyol, Tito Rabat, bersama tim barunya. Pasalnya, Rabat tidak hanya sekadar berganti tim, namun ia kini juga akan mengemudikan motor balap yang berbeda.

Rabat pertama kali mentas di MotoGP pada 2016. Sejak saat itu hingga tahun lalu ia hanya membela satu tim saja, yakni Marc VDS, dan mengemudikan motor balap milik Honda. Namun, pada gelaran MotoGP 2018, Rabat yang bergabung dengan Reale Avintia, kini akan mengemudikan motor balap Ducati alias Desmosedici.

(Baca juga: Tito Rabat Kagum dengan Kecepatan Motor Ducati)

Tidak dimungkiri oleh Rabat bahwa terdapat perbedaan antara motor balap Honda dengan Ducati. Namun, apabila disuruh memilih, juara dunia Moto2 satu kali itu mengaku lebih suka mengendari motor balap Ducati, karena dinilai lebih cocok untuknya. Begitu pun dengan ukuran motor Ducati yang disebutnya lebih baik.

“Mereka adalah motor yang benar-benar berbeda. Saya kira gaya balapan yang Anda perlukan untuk mengemudikan mereka juga sangat berbeda dan tergantung pada si pembalapnya, itu bisa jadi lebih bagus atau lebih buruk. Bagi saya, pastinya saya lebih suka Ducati. Ukuran motornya juga lebih baik,” jelas Rabat, seperti dilansir Crash, Kamis (15/2/2018).

Kendati demikian, pembalap 28 tahun itu juga menerangkan bahwa saat ini dirinya belum bisa memastikan apakah ia lebih cepat saat menggunakan motor Honda atau saat menunggangi Ducati. Menurutnya, hal tersebut baru bisa dilihat ketika balapan yang sebenarnya dihelat.

Seri perdana MotoGP 2018 akan dilangsungkan di Sirkuit Losail, Qatar, pada 18 Maret 2018. Saat ini, para pembalap tengah menyiapkan diri untuk melakoni sesi tes pramusim di Sirkuit Buriram, Thailand, pada 16-18 Februari, dan kemudian menjalani tes di Qatar pada 1-3 Maret 2018.

“Anda tidak pernah mengetahui hasil yang sebenarnya sampai balapan di Qatar. Ketika Anda cepat dalam balapan, itu saat ketika Anda bisa bicara. Namun benar juga bahwa dengan motor ini saya jauh lebih cepat ketimbang sebelumnya di Jerez,” lanjut Rabat.

“Seperti yang saya katakan, Anda tidak pernah tahu hasilnya sampai balapan. Jadi saya hanya menikmati momen ini karena pastinya ini merupakan yang yang paling menyenangkan selama saya di MotoGP. Sekarang kami harus bersiap untuk Thailand,” tandasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini