Rossi Kalahkan Stoner lewat Balapan Sengit di Laguna Seca 2008

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 09 38 1842441 rossi-kalahkan-stoner-lewat-balapan-sengit-di-laguna-seca-2008-vyrGJXDYxb.jpg Casey Stoner dan Valentino Rossi (Foto: AFP)

GELARAN MotoGP pada 2008 bisa menjadi salah satu ajang yang paling dikenang oleh Valentino Rossi. Sukses merengkuh gelar juara dunianya yang kedelapan, VR46 harus berjuang mati-matian untuk bisa memastikan titel juara MotoGP. Kala itu Rossi yang membela Yamaha berjuang sengit dengan pembalap Ducati yakni Casey Stoner.

Bermain imbang hingga pertengahan musim, tetapi ada satu titik di mana VR46 mampu menunjukkan kebangkitannya. Balapan tersebut terjadi pada seri ke-11 yang berlangsung di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat pada Juli 2008.

Sebelum memulai balapan, Stoner merupakan pembalap yang meraih tiga kemenangan beruntun di seri sebelumnya. Namun, kemenangan tersebut akhirnya patah di tangan Rossi merebut kemenangan di Laguna Seca. Tetapi bukan perkara mudah, tampil begitu sengit, keduanya bahkan sempat mengalami perdebatan alot yang saling menyalahkan satu sama lain.

Baca juga Valentino Rossi Disebut Bos Suzuki Selalu Beri Kejutan

Stoner yang start dari posisi pertama mendapat perlawanan ketat dari Rossi yang memulai balapan dari tempat kedua. Beberapa kali, The Doctor –julukan Rossi– berhasil menekan Stoner untuk bisa merebut podium pertamanya. Bahkan keduanya secara bergantian memimpin balapan.

Hingga akhirnya, kurang dari dua lap menyentuh garis finis, Stoner melakukan kesalahan saat memimpin balapan. Pembalap  yang menggunakan Desmosedici itu harus keluar dari lintasan setelah mencoba mencegah tikungan keras dari Rossi yang sempat membuatnya frustrasi. Beruntung Stoner masih bisa melanjutkan balapan dan finis di posisi kedua.

Sementara VR46 tampil menjadi pemenang dan merupakan kemenangan pertamanya di Sirkuit Laguna Seca. Kemenangan itu juga membawa Rossi kembali meraih podium pertama di empat seri berikutnya dan semakin mengukuhkan posisinya di puncak klasemen pembalap.

“Saya memerlukan taktik yang saya butuhkan untuk menang, dan pastinya, kami membuat kesulitan untuk disalip. Saya minta maaf kepada Casey jika dia berpikir itu terlalu kuat, tapi saya benar-benar tidak setuju. Tentu saja ini adalah balapan yang agresif, tapi itu jelas pertandingan yang adil. Bagaimanapun, saya menikmati persaingan ini,” ungkap Rossi, mengutip dari Crash, Selasa (9/1/2018).

Baca juga Bos Suzuki Sebut Rossi Pantas Jadi Panutan Pembalap Muda

“Bagi saya balapan ini sangat fantastis. Ini adalah kemenangan pertama saya di Laguna Seca. Kami membuat beberapa modifikasi pada motor kami setelah warm up,” tambahnya.

“Casey sedikit lebih cepat pada saat lurus, tapi saya kuat dalam pengereman. Saya tidak tahu berapa kali kami mengubah keunggulan, tapi yang jelas banyak dan itu hebat dan balapan yang besar untuk saya. Saya juga berpikir untuk para penggemar, karena sudah lama. Itu adalah pertarungan hebat, sangat menyenangkan dan ini adalah kemenangan penting,” pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini