Cekam Regulasi Mesin F1 Musim 2021, Rossi: Jangan Perlambat Verstappen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 09 Desember 2017 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 09 37 1827696 cekam-regulasi-mesin-f1-musim-2021-rossi-jangan-perlambat-verstappen-wYnvoJYw0o.jpg Valentino Rossi (Foto:AFP)

MILAN Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengatakan Formula One (F1) sangat gila, untuk mencoba mengendalikan pembalap Red Bull, Max Verstappen. Menurutnya regulasi mesin yang dicanangkan Federasi Internasional Automotive (FIA) akan berdampak kepada semua pembalap.

Sebelumnya FIA memang akan menerapkan regulasi mesin baru untuk mobil balap F1 diluar musim 2021. Mereka ingin menciptakan sebuah mesin yang lebih hemat biaya dan memiliki suara yang lebih nyaring untuk meningkatkan daya tarik olahraga.

Namun hal tersebut mendapatkan kritikan keras dari beberapa tim papan atas F1, salah satunya adalah tim Ferrari. Tim berlogo Kuda Jingkrak tersebut bahkan ingin menarik diri dari olahraga jika memang regulasi tersebut tetap diterapkan usai musim 2020.

Baca Juga:

(Presiden FIA Sanjung Kehebatan Lewis Hamilton di F1 2017)

Sekadar informasi, rider berjuluk The Doctor tersebut merupakan penggemar Verstappen. Rossi mengaku terkejut dengan kemampuan yang dimiliki pembalap berusia 20 tahun tersebut.

“Verstappen adalah bintang baru dalam F1. Ia melakukannya dengan sangat baik, tapi mereka berusaha untuk memperlambatnya dan saya rasa ini merupakan hal gila,” ucap Rossi, sebagaimana diberitakan Sportsmole, Sabtu (9/12/2017).

“Jika saya memiliki pendapat tentang bagaimana F1 dijalankan, saya ingin ada 12 Verstappen di dalam grid. Ia adalah pembalap yang luar biasa. Di usianya yang masih muda, dia membuat semua sistem menjadi menyenangkan. Verstappen adalah kualitas yang disukai oleh publik,” lanjutnya.

“Verstappen seperti Johann Zarco. Tak satupun dari mereka yang pernah melambat. Jadi anda harus memberi ruang jika tidak maka hasilnya akan berbahaya. Anda berdua kemungkinan akan jatuh,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini