Presiden FIA Sanjung Kehebatan Lewis Hamilton di F1 2017

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 09 Desember 2017 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 08 37 1827568 presiden-fia-sanjung-kehebatan-lewis-hamilton-di-f1-2017-V3fOFwx41y.jpg Lewis Hamilton (Foto: AFP)

PARIS – Presiden Federasi Automotif Internasional (FIA), Jean Todt, mengagumi sosok Lewis Hamilton yang akhirnya keluar sebagai juara di Formula One (F1) 2017. Menurutnya, pembalap berpaspor Inggris itu adalah pembalap yang sudah terkombinasi dengan baik.

“Kami mengaguminya, apa yang telah dia lakukan. Itu kombinasi antara manusia, tim dan mesin. Dia memiliki kombinasi terbaik untuk bisa mencapainya dan menggunakan bakat alaminya,” ungkap Todt, mengutip dari Motorsport, Sabtu (8/12/2017).

Meski begitu, Todt enggan  berpendapat soal apakah Hamilton bisa menyamai rekor milik Michael Schumacher yang telah menjadi juara dunia tujuh kali. Seperti diketahui, pada musim ini The Boss –julukan Hamilton– tampil menjadi juara dunia F1 untuk yang keempat kalinya.

Baca juga Revisi Kalender Sementara, FIA Resmi Rilis Jadwal F1 2018

 “Berapa tahun dia ingin melakukan itu? Kami tidak tahu. Suatu hari Anda bangun dan Anda merasa sudah saatnya melakukan sesuatu yang berbeda. Mungkin dia belum merasakannya, tapi saya berharap dia baik-baik saja,” tambahnya.

Hamilton memastikan diri menjadi juara musim ini setelah melalui persaingan yang cukup sengit dengan pembalap Tim Ferrari yakni Sebastian Vettel. Namun berkat kegemilangannya itu, pembalap Tim Mercedes sudah keluar menjadi juara dunia setelah melewati balapan seri ke-18 di Meksiko.

Hingga race berakhir, pembalap berusia 32 tahun itu berhasil mengumpulkan poin total yakni 363. Sementara pesaing utamanya yakni Vettel hanya mengoleksi 317 angka. Hamilton sukses meraih sembilan kemenangan  sementara Vettel punya empat kemenangan saja.

Baca juga FIA Desak F1 GP Brasil Perbaiki Tingkat Keamanan Balapan

Tiga gelar juara yang dimiliki sebelumnya diraih pada 2008, 2014 dan 2015. Sebenarnya peluangnya untuk meraih gelar juara pada musim lalu pun terbuka lebar. Namun, Hamilton gagal bersaing dengan rekannya sendiri yakni Nico Rosberg yang kemudian memutuskan pensiun.

Selain itu bersama rekannya Valtteri Bottas, Hamilton sukses membawa Mercedes ke tangga juara konstruktor tim pada musim ini. Keduanya berhasil mengalahkan Ferrari yang menempel ketat. Mercedes total meraih 668 poin. Sedangkan Ferrari mengumpulkan 522 poin.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini