Image

Unik! Juara Olimpiade 1896 Justru Dapat Medali Perak

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017, 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 09 43 1638714 unik-juara-olimpiade-1896-justru-dapat-medali-perak-FLzVglq0aC.jpg Medali Olimpiade Athena 2004 (Foto: Aris Messinis /AFP)

OLIMPIADE merupakan ajang perhelatan olahraga yang pertama kali ada. Perhelatan ini pertama kali diselenggarakan oleh bangsa Yunani dan hanya bertempat di Athena. Namun, Kaisar Romawi, Theodosius, memutuskan untuk menghentikannya pada 393 Masehi.

Olimpiade baru diadakan kembali pada 1896, di mana dua tahun sebelumnya, seorang guru dan sejarawan Prancis, Pierre Fredy Baron de Coubertin, membentuk Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk merencanakan penyelenggaraan Olimpiade. Olimpiade yang berlangsung hingga sekarang ini disebut dengan Olimpiade modern.

Athena merupakan tuan rumah pertama diadakannya Olimpiade modern ini. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan kepada bangsa Yunani yang telah menjadi penemu perhelatan olahraga antarbangsa.

Sebanyak 80.000 pengunjung memadati Panathenaic Stadium untuk menyaksikan upacara pembukaan. Upacara ini dibuka dengan pidato dari Putra Mahkota Constantine, selaku presiden komite dan dilanjutkan dengan menyanyikan ‘Hymne Olimpiade’. Namun, pada Olimpiade selanjutnya ‘Hymne Olimpiade’ tidak pernah dinyanyikan lagi, hingga pada 1960 tradisi itu baru dilanjutkan kembali.

Sebanyak 14 negara berpartisipasi memeriahkan perhelatan Olimpiade modern yang pertama. Amerika Serikat berhasil keluar sebagai juara dengan meraih 11 medali untuk peringkat satu. Sedangkan Yunani, sebagai tuan rumah berhasil menempati posisi kedua dan memperoleh medali paling banyak, yakni 46 medali.

Medali yang digunakan sebagai hadiah tidaklah sama dengan yang digunakan sekarang. Pada Olimpiade modern pertama itu, peringkat satu akan mendapatkan medali perak, peringkat dua mendapatkan medali tembaga, dan peringkat tiga tidak mendapatkan medali.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini