Dilema Sirkuit Sachsenring untuk Balapan MotoGP

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2016 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 05 38 1455565 dilema-sirkuit-sachsenring-untuk-balapan-motogp-IzfS5RKIgD.jpg Jorge Lorenzo sempat terjatuh di tikungan 11 (Foto: Crash)

SACHSENRING – Sirkuit Sachsenring, Jerman selalu berhasil memberikan balapan MotoGP yang apik untuk ditonton. Karakter sirkuit yang unik terdapat pada jelang tikungan 11 ketika terdapat turunan yang mendapat julukan Air Terjun. Namun rupanya terdapat masalah besar dalam tikungan 11 tersebut.

Di balik keunikannya, timbul isu keselamatan yang mengancam tikungan 11. Itu terjadi karena beberapa pembalap sempat terjatuh di tikungan tersebut dan menuntuk diadakannya perubahan dalam tikungan 11 untuk keselamatan pembalap.

Race Director MotoGP, Mike Webb mengaku bimbang dengan tikungan tersebut. ia merasa tikungan tersebut sangat menantang dan terlalu aneh jika para pembalap hebat mengeluhkan tikungan tersebut. Namun di sisi lainnya ia mengaku tak ingin mengambil risiko soal keselamatan.

“Sebenarnya ini sama seperti sirkuit lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Memang ada rencana besar untuk mengganti tikungan tersebut. Tetapi haruskah kami memudahkan laju pembalap yang digadang-gadang sebagai yang terbaik?” ujar Webb seperti diberitakan Crash, Jumat (5/8/2016).

“Saya tak ingin membuat tikungan yang berbahaya. Tetapi ada batasan untuk mengadaptasi lintasan dari yang sangat cepat menjadi yang aman. Saya memiliki misi tersendiri untuk meminta tim memperlambat motor mereka,” tambahnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini