Buah Persiapan yang Minim

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2012 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 15 43 677923 ja5XqSSONb.jpg Bulutangkis yang selama ini jadi andalan medali Indonesia gagal menyumbang satu pun medali di London 2012/Getty Images

JAKARTA – Kegagalan Indonesia meneruskan tradisi medali emas di Olimpiade London 2012 membuat banyak pihak sadar bahwa ada yang salah dengan pelatnas kita. Kurangnya waktu persiapan para atlet dan lemahnya koordinasi serta rumitnya birokrasi di antara induk olah raga membuat prestasi Indonesia terpuruk.

 

Kondisi seperti itu harus diambil hikmahnya dan tidak boleh terjadi lagi dalam mempersiapkan atlet menuju multi event internasional sekelas SEA Games, Asian Games maupun Olimpiade. Menerjunkan atlet dalam suatu multi event internasional katanya, diperlukan perhitungan matang dan persiapan seoptimal mungkin dari jauh hari.

 

Tokoh olahraga nasional Djoko Pramono pun menghimbau agar pembinaan atlet ke depan diutamakan dan waktu pelatnasnya diperpanjang. Melalui persiapan yang matang dengan waktu yang cukup, maka hasilnya akan memuaskan.

 

“Semua itu terpantau dengan persiapan menuju Olimpiade. Melalui persiapan yang minim, maka hasilnya seperti yang ada di Olimpiade, dimana kontingen Indonesia sulit mengejar sukses mempertahankan pengumpulan medali emas bagi Merah-putih melalui cabang bulutangkis,” jelas Djoko di Jakarta, Selasa kemarin.

 

Semua itu patut dicontoh dari tim Meksiko yang mempersiapkan pemainnya sejak usia dini. Meraih juara dan merebut medali emas bagi tim sepakbola Meksiko di Olimpiade, London dirancang melalui perjuangan panjang, bukan instan.

 

Melalui persiapan yang matang, hasilnya memuaskan. Bahkan mampu melangkah ke final di kejuaraan dunia KU-17 tahun. Melangkah ke final KU-17 tahun dapat dilanjutkan kejenjang U-20 hingga tampil di Olimpiade, London. Hasilnya, cukup membanggakan ketika melumat tim-tim favorit juara seperti Korsel, Jepang dan terakhir tim Brasil di final.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini