Kyrie Irving Pilihan Pertama NBA Draft 2011

Selasa 06 September 2011 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2011 09 06 36 499421 R6X41X4tPf.jpg Foto: Penulis Artikel Neilson Gautama

JAKARTA - Kyrie Irving adalah pilihan pertama Cleveland Cavaliers pada NBA Draft 2011. Kyrie Irving menjadi point guard ketiga yang diambil dengan draft pick nomor satu dalam empat tahun terakhir, mengikuti jejak Derrick Rose di tahun 2008 dan John Wall tahun 2010 kemarin. Rose sendiri menjadi MVP NBA musim 2010-2011 kemarin.

 

Irving menegaskan bahwa ia tidak mencoba untuk menggantikan James di Cleveland. "Saya menantikan kesempatan bermain di Cleveland," kata Irving. "Cleveland adalah kota yang mencintai olahraga dan saya tidak sabar untuk bermain."

 

"Saya tidak memiliki keraguan sedikit pun akan dipilih di urutan pertama," ujar Irving. "Ada perasaan yang sangat spesial di hati saya dan mengetahui bahwa teman-teman dan keluarga saya mensupport saya, perasaan ini akan saya ingat selama-lamanya."

 

Setelah mengambil Irving di urutan pertama [dulu Cavs juga pernah mengambil James di urutan pertama pada tahun 2003], Cavs menggunakan draft pick nomor empat untuk mengambil forward Tristan Thompson. Cavs adalah tim pertama sejak Houston Rockets di tahun 1983 yang mempunyai dua dari empat pick teratas.

 

Minnesota Timberwolves, setelah memastikan Ricky Rubio akan bergabung dengan timnya, mengambil forward Derrick Williams di urutan nomor dua.

 

Seminggu sebelum draft, Timberwolves telah mencoba untuk mentrade draft pick nomor dua, dengan harapan bisa mendapat center atau shooting guard veteran untuk membantu tim termuda di NBA. Karena tidak mendapat tawaran yang menarik, akhirnya Wolves memutuskan untuk mengambil Williams.

 

"Kami tidak akan mentrade Derrick Williams," ujar David Kahn [presiden Timberwolves]. "Ia akan memakai jersey Timberwolves musim depan."

Utah Jazz mengambil big man Enes Kanter asal Turki di urutan ketiga. Kanter tidak bermain untuk Kentucky musim lalu, setelah tidak diperbolehkan bermain karena ia dibayar untuk bermain di Turkey.

 

NBA DRAFT 2011 Pick no 1-14

Pick No Tim Pemain Posisi

1 Cavs Kyrie Irving PG

2 Wolves Derrick Williams PF

3 Jazz Enes Kanter C

4 Cavs Tristan Thompson PF

5 Raptors Jonas Valanciunas C

6 Wizards Jan Vesely SF

7 Kings Bismack Biyombo* PF

8 Pistons Brandon Knight PG

9 Bobcats Kemba Walker PG

10 Bucks Jimmer Fredette* PG

11 Warriors Klay Thompson SG

12 Jazz Alec Burks SG

13 Suns Markieff Morris PF

14 Rockets Marcus Morris PF

* Ditrade oleh timnya

 

Tiga dari enam pick pertama NBA draft 2011 berasal dari Eropa. Bahkan Irving mempunyai hubungan darah internasional. Ia lahir di Australia, dimana ayahnya [Drederick], bermain secara profesional disana.

 

Jonas Valanciunas yang berasal dari Lithuania diambil oleh Toronto di urutan kelima. Jan Vesely yang berasal dari Ceko, diambil oleh Washington di urutan keenam.

"Olahraga basket tidak begitu populer di negara saya. Saya harap olahraga basket akan menjadi lebih populer," kata Vesely. "Saya akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya."

 

Bismack Biyombo yang berasal dari negara Kongo, dipilih di urutan ketujuh oleh Kings. Biyombo adalah salah satu dari enam pemain internasional [pemain yang berasal dari luar Amerika], yang dipilih di ronde pertama.

Rekor jumlah pemain internasional yang didraft masih dipegang di tahun 2003. Biyombo akhirnya bermain untuk Charlotte, setelah mengalami proses trade tiga tim.

 

Jimmer Fredette yang diambil oleh Bucks di urutan kesepuluh, malah bermain untuk Kings, setelah melalui proses trade tiga tim [Kings, Bucks, Bobcats]. "Semoga fans di Sacramento bergairah karena saya benar-benar gembira bisa bermain untuk Kings," ujar Fredete. "Ini adalah momen yang luar biasa untuk saya dan keluarga."

 

Neilson Gautama

NBA Presenter

 

Follow my twitter at: http://twitter.com/neilsongautama

Join group NBA Indonesia on facebook: http://www.facebook.com/group.php?gid=58998467527

MyFansClub: http://www.facebook.com/pages/Neilson-Gautama-Fans-Club/134018783329305

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini