Stoner Langsung Unjuk Gigi

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 21 Maret 2011 02:50 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 21 38 436913 IB8c2mMgTQ.jpg Foto: Aksi Casey Stoner saat melibas sirkuit Losail/Getty Images

DOHA - Casey Stoner langsung unjuk gigi pada balapan pertamanya bersama Repsol Honda. Mengawali balapan pertama musim ini di MotoGP Qatar dengan menempati pole position, Stoner berhasil menyentuh garis finis pertama di sirkuit Losail, Senin (21/3/2011) dini hari WIB.

Selepas start, Dani Pedrosa langsung menggebrak dengan menyodok ke posisi pertama, diikuti Casey Stoner dan Jorge Lorenzo di tempat ketiga. Valentino Rossi sebenarnya sempat menyeruak ke posisi dua, namun ditikungan pertama pembalap Ducati ini melebar sehingga harus tercecer ke posisi enam.

Nasib sial langsung menghampiri dua pembalap Pramac Racing. Randy De Puniet gagal menjinakkan kuda besinya saat melahap tikungan sehingga akhirnya terjatuh. Sementara rekan setimnya Loris Capirossi juga gagal melanjutkan lomba karena tergelincir ke gravel saat mencoba menghindari De Puniet.

Memasuki tiga tikungan pertama, sang juara dunia Lorenzo berhasil mengambil pimpinan lomba dari Pedrosa yang harus tercecer ke urutan tiga dibelakang rekan setimnya Stoner yang menempel ketat Lorenzo ditempat kedua. Namun, Lorenzo tak bertahan lama bercokol sebagai pembalap terdepan. Pasalnya, Stoner berhasil mengambil alih posisi terdepan, diikuti Pedrosa di tempat kedua.

Mulai dari sini, pertarungan sengit melibatkan dua pembalap Repsol Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa yang mulai memberi jarak terhadap rivalnya. Memasuki lap keempat, Pedrosa melakukan manuver membahayakan dengan memotong Stoner saat keduanya mencoba memasuki tikungan. Stoner nampak tidak ingin mengikuti ego, sehingga agak memperlambat motornya dan memberikan ruang bagi Pedrosa untuk mendahuluinya.

Memasuki 10 lap pertama, duel Pedrosa dan Stoner masih menjadi tontonan paling menarik. Mereka mulai menjauhi Jorge Lorenzo di tempat ketiga. Marco Simoncelli menguntit di posisi empat diikuti Andrea Dovizioso di urutan lima. Rossi masih tak beranjak dari posisi enam, diikuti Ben Spies, Colin Edwards, Hector Barbera dan Hiroshi Aoyama melengkapi daftar sepuluh besar.

Dua pertarungan sengit menjadi suguhan menarik di pertengahan lomba. Di lap ke-12, Ben Spies sempat menyalip Rossi di peringkat enam. Namun pembalap Amerika Serikat melakukan kesalahan, melebar saat memasuki tikungan sehingga Rossi berhasil kembali mengamankan posisinya.

Sementara di depan, Casey Stoner yang terus menguntit Pedrosa, akhirnya berhasik mengambil posisi pertama dengan melakukan manuver cemerlang saat keduanya bersiap memasuki tikungan. Usai melewati Pedrosa, Stoner langsung melesat dan mulai menjaga jarak. Sedangkan, Pedrosa kini mulai mendapat tekanan dari Lorenzo di tempat ketiga.

Teror mental yang terus dihadirkan Lorenzo kepada Pedrosa akhirnya membuahkan hasil. Di sisa delapan lap, pembalap Yamaha sukses melewati Pedrosa yang gagal menutup ruang geraknya saat melahap tikungan. Sementara itu, rekan setim Lorenzo, Ben Spies juga berhasil memenangi duel sengit dengan Rossi dan mengamankan posisi enam, kendati Rossi belum menyerah dan terus berupaya merebut kembali posisinya.

Memasuki lima lap terakhir, Stoner kian jauh sendirian di depan. Sementara Dani Pedrosa sempat mengambil alih posisi Lorenzo di tempat kedua. Pembalap Repsol Honda lainnya, Dovi juga sukses mengovertake Simoncelli dan mengamankan posisi empat. Sementara di baris ketiga, Rossi juga masih berupaya keras mengambil kembali posisinya dari Spies yang menempati posisi enam.

Di sisa empat lap, Lorenzo kembali melancarkan aksinya dan berhasil melewati Pedrosa. Dari sini, Lorenzo mulai berhasil keluar dari tekanan Pedrosa dan menjaga jarak untuk mengamankan posisi kedua. Hingga berakhirnya lomba, komposisi pembalap tak mengalami perubahan.

Stoner tampil sebagai pemenang dengan selisih lebih dari tiga detik dari Lorenzo di tempat kedua, sementara Pedrosa di podium terakhir. Andrea Dovizioso mengakhiri balapan di posisi empat diikuti Marco Simoncelli, Ben Spies, Rossi di tempat ketujuh, Colin Edwards, Nicky Hayden dan Hiroshi Aoyama melengkapi format sepuluh pembalap terdepan.

Hasil MotoGP Qatar:

Pos – Pembalap – Tim -- Waktu

1. Casey Stoner  Honda HRC  42:38.569

2. Jorge Lorenzo Yamaha Factory +03.440

3. Dani Pedrosa  Honda HRC +05.051

4. Andrea Dovizioso  Honda HRC  +05.942

5. Marco Simoncelli  Honda Gresini  +07.358

6. Ben Spies  Yamaha Factory  +10.468

7. Valentino Rossi  Ducati MotoGP  +16.431

8. Colin Edwards  Yamaha Tech 3  +26.293

9. Nicky Hayden  Ducati MotoGP  +27.416

10. Hiroshi Aoyama  Honda Gresini  +28.920

11. Cal Crutchlow  Yamaha Tech 3  +34.539

12. Hector Barbera  Ducati Aspar  +34.829

13. Karel Abraham  Ducati Cardion AB  +37.957

14. Toni Elias  Honda LCR  +26.7

Gagal finis

15. Randy de Puniet  Ducati Pramac  +30.0

16. Loris Capirossi  Ducati Pramac  +12.8

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini