Share

Alasan Motor Tes Pramusim MotoGP Dicat Warna Hitam

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2023 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 07 38 2760567 alasan-motor-tes-pramusim-motogp-dicat-warna-hitam-mwnJSxO8yL.jpg Alasan Motor Tes Pramusim MotoGP Dicat Warna Hitam. (Foto: MotoGP)

ALASAN motor tes pramusim MotoGP dicat dengan warna hitam dapat Anda ketahui di artikel ini. Sebelum bergulirnya musim baru MotoGP, para pembalap akan terlebih dahulu mengikuti serangkaian tes pramusim.

Tes pramusim ini biasa digunakan setiap tim untuk menguji motor yang akan mereka gunakan sepanjang musim baru. Serangkaian pengujian seperti menguji komponen elektronik, komponen mesin, komponen aerodinamika dan lain sebagainya.

Namun, ada hal menarik yang tampak ketika hampir seluruh warna motor pembalap yang digunakan untuk tes pramusim berwarna hitam. Padahal, warna motor ketika sudah memulai balapan resmi nantinya banyak yang tidak menggunakan warna hitam. Terlebih untuk motor pabrikan seperti Ducati dan Yamaha yang motor tes pramusimnya dominan menggunakan warna hitam.

Jack Miller

Ternyata penggunaan warna hitam pada motor saat tes pramusim salah satunya berhubungan erat dengan sponsor. Sebelum launching motor untuk menjalani balapan pada musim itu, warna motor tentu belum disepakati.

Sebab itu, untuk menghindari adanya perubahan sponsor, maka motor diberi warna hitam yang jauh lebih aman. Namun hal ini tidak berlaku untuk beberapa tim yang melakukan launching motor sebelum tes pramusim.

Tim yang telah melakukan launching tentu akan menggunakan livery lengkap dengan warna dan model baru mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain karena hal finansial, alasan lain motor tes pramusim diberi warna hitam adalah karena fairing dan aerodinamika motor masih dalam pengembangan. Ada juga yang menyebutkan warna hitam ini akan membuat perubahan di fairing sulit terdeteksi saat dijepret fotografer.

Namun alasan yang pasti adalah karena bentuk motor dan aerodinamikanya belum final.

Jelang MotoGP 2023 ini, tes pramusim pertama akan dilakukan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 10-12 Februari mendatang. Selanjutnya, tes pramusim kedua akan dilakukan di sirkuit Algarve di Portimao, Portugal pada 11 hingga 12 Maret 2023.

Alex Marquez

Gelaran MotoGP 2023 mulai digelar pada Maret 2023 dengan seri pembukanya adalah Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal. Nantinya MotoGP 2023 akan ditutup di GP Valencia pada November 2023.

Menarik untuk menunggu balapan di setiap sirkuitnya dan menunggu siapa yang akan menjadi juara di musim ini.

Itulah alasan mengapa motor untuk tes pramusim MotoGP dicat warna hitam.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini