Share

Iluni FH UI Gelar Diskusi soal Jaminan Perlindungan Atlet Nasional

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 43 2722473 iluni-fh-ui-gelar-diskusi-soal-jaminan-perlindungan-atlet-nasional-BE74JBEdMb.jpeg Diskusi yang digelar FH UI terkait jaminan atlet nasional (Foto: Rifqi Herjoko/MNC Portal Indonesia)

JAKARTA โ€“ Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (Iluni FHUI) gelar diskusi mengenai jaminan perlindungan atlet nasional. Adapun diskusi tersebut berlangsung pada Rabu (7/12/2022) di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta.

Diskuis tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pihak terkait tema utama. Di antaranya turut hadir BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Kesehatan.

Dikusi ILUNI FH UI

Selain itu, diskusi tersebut juga dihadiri oleh beberapa pelaku olahraga. Mulai dari mantan pesepakbola Bambang Pamungkas, pemilik FC Bekasi City Atta Halilintar, hingga atlet tenis meja David Jacobs.

Dalam diskusi tersebut, BPJS Ketenagakerjaan menekankan pentingnya jaminan perlindungan sosial bagi para atlet dan pelaku olahraga. Hal itu merupakan hak yang bisa didapatkan mereka.

Jaminan yang bisa didapatkan para atlet meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kehilangan Pekerjaan, dan Jaminan Hari Tua (JHT). Hal itu bisa didapatkan asalkan cabang olahraga mendaftarkan para pelaku olahraga di dalam cabor tersebut ke BPJS Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Bidang KSI, Muhyidin Mukim, menjelaskan bahwa kesadaran pelaku olahraga terhadap jaminan perlindungan sosial saat ini semakin meningkat. Dia mengungkap sudah ada sekitar 148 ribu pelaku olahraga yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œTerkait perlindungan di bidang keolahragaan lumayan bagus. Di awal tahun 2022, baru 64 ribu atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini, sudah 148.446 atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi,โ€ ujar Muhyidin.

Shella Bernadetha

(Shella Bernadetha, salah satu atlet voli berprestasi Indonesia)

Jaminan perlindungan sosial merupakan hak penting yang harus didapatkan para atlet agar hidupnya semakin sejahtera. Selain itu, implementasi jaminan perlindungan sosial yang baik bisa berpengaruh positif terhadap prestasi dan industri olahraga nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini