Share

Kabid Luar Negeri PBSI Sebut Gregoria Mariska Tunjung Ikut Tampil di BWF World Tour Finals 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 40 2714111 kabid-luar-negeri-pbsi-sebut-gregoria-mariska-tunjung-ikut-tampil-di-bwf-world-tour-finals-2022-fM1rxBOaB0.jpg Gregoria Mariska Tunjung kala berlaga. (Foto: Humas PBSI)

JAKARTA – Kabar bahagia disampaikan Kepala Bidang Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto. Dia menyebut bahwa pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, ikut tampil di ajang BWF World Tour Finals (WTF) 2022.

Sebagaimana diketahui, Gregoria masuk daftar pemain cadangan BWF World Tour Finals 2022. Sebab, jagoan India, Pusarla V Sindhu, dikabarkan mengundurkan diri karena cedera.

Gregoria Mariska Tunjung

Hasil itu didapat setelah Gregoria mengamankan tempat ke-13 di ranking World Tour. Sebab, pemain berusia 23 tahun sukses menembus final Australia Open 2022.

Turnamen penutup akhir tahun itu sendiri sedianya hanya mengambil delapan pemain teratas di ranking World Tour saat ini. Akan tetapi, karena maksimal peserta hanya dua saja dari masing-masing negara dan China sudah punya dua utusan, yakni Chen Yu Fei dan He Bing Jiao, wakil China yang ada di tempat ke-6 yakni, Han Yue, tak boleh ikut.

BACA JUGA: Rian Ardianto Sempat Sakit, Fajar Alfian Ungkap Persiapannya Jelang Tampil di BWF World Tour Finals 2022

Kuota akhirnya diambil oleh Akane Yamaguchi (Jepang). Sebab, Wang Zhi Yi yang ada di peringkat ke-9 juga dari Negeri Tirai Bambu.

Kemudian, dua utusan Thailand yang ada di posisi 11 dan 12, Supanida Katethong dan Pornpawee Chochuwong, juga tak bisa ikut. Pasalnya, Negeri Gajah Putih punya Ratchanok Intanon dan Busanan Ongbamrungphan yang duduk di peringkat ke-7 dan 8.

BACA JUGA: Fajar Alfian/Rian Ardianto Jadikan Target sebagai Motivasi Tambahan di BWF World Tour Finals 2022

Nah, karena itu, akhirnya satu slot milik Sindhu jatuh ke tangan Gregoria. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi apakah Sindhu benar-benar mengundurkan diri atau tidak.

Sampai akhirnya, Bambang Roedyanto, memastikan bahwa Gregoria sudah dipastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2022. Ajang itu akan digelar pada 7-11 Desember 2022 di Bangkok, Thailand.

“Grego jadi ikut WTF,” tulis Bambang di Twitter-nya, @RudyRoedyanto, pada Kamis (24/11/2022).

Kendati demikian, Kabid Humas dan Media PBSI, Brotto Happy, mengatakan sampai saat ini belum ada surat resmi dari BWF kepada PBSI soal konfirmasi lolosnya Jorji -sapaan Gregoria- ke WTF 2022. Hal itu dikatakan oleh Broto saat dihubungi oleh MNC Portal Indonesia, segera setelah kabar itu dibeberkan oleh Rudy -sapaan Bambang.

“Sejauh ini belum ada surat resmi dari BWF ke PBSI menyangkut kepastian Gregoria ke WTF,” kata Broto.

Gregoria Mariska Tunjung

Meski begitu, biasanya informasi yang disampaikan oleh Rudy lewat Twitter-nya sudah pasti terjadi. Alhasil, tampaknya sekarang tinggal menunggu surat resmi dari BWF untuk Gregoria bisa debut di WTF 2022.

Indonesia sendiri sudah memiliki lima wakil yang sudah memastikan diri lolos ke Bangkok. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Jika Gregoria menyusul, akan ada enam utusan Tanah Air yang mentas di WTF 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini