Share

Terungkap! Ini Lawan Terberat Novak Djokovic di ATP Finals 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 22 November 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 40 2712720 terungkap-ini-lawan-terberat-novak-djokovic-di-atp-finals-2022-vvZJkzrQH5.jpg Novak Djokovic saat berlaga. (Foto: Reuters)

TURIN – Bintang tenis Serbia, Novak Djokovic, membeberkan lawan terberatnya di ATP Finals 2022. Dia menyebut nama Daniil Medvedev sebagai lawan terberatnya karena benar-benar membuat tenaganya terkuras sampai tremor di atas lapangan.

Djokovic berhasil menjadi juara ATP Finals 2022 setelah mengalahkan Casper Rudd dari Norwegia di partai puncak dengan skor 7-5 dan 6-3. Namun ternyata, bukan itu laga tersulitnya di turnamen yang berlangsung di Pala Alpitour, Turin, Italia, pada pekan lalu tersebut.

Novak Djokovic

Pertandingan terberat menurut mantan pemain ranking satu dunia itu adalah saat dirinya menumbangkan Daniil Medvedev (Rusia) di laga terkahir Red Group pada Jumat 18 November 2022. Sebab, dia harus bertarung sengit selama tiga game yang berakhir dengan skor 6-3, 6-7 (5-7), dan 7-6 (7-2).

Lalu, setelah itu, Djokovic tampil di semifinal dalam waktu kurang dari 24 jam yang membuat tenaganya benar-benar terkuras. Namun, dia berhasil menghajar wakil Amerika Serikat, Taylor Fritz dengan skor 7-6 (7-5) dan 7-6 (8-6).

BACA JUGA: Rebut Gelar ATP Finals 2022, Novak Djokovic Senang Bisa Juara Lagi Setelah Menanti 7 Tahun

Menurutnya, sangat tidak mudah menampilkan performa terbaiknya melawan Fritz usai bertarung dengan Medvedev. Sebab, tenaganya benar-benar terkuras.

“Saya berjuang keras dalam pertandingan melawan Medvedev. Itu adalah pertandingan terberat pada pekan lalu bagi saya, tidak diragukan lagi,” kata Djokovic, dilansir dari Express, Selasa (22/11/2022).

“Tidak mudah untuk pulih dan benar-benar bisa bermain bagus di semifinal dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pertandingan yang menegangkan melawan Medvedev itu,” tambahnya.

Saat melawan Medvedev, petenis berusia 35 tahun itu sempat mengalami tremor yang cukup parah. Hal itu jelas membuat orang-orang mengkhawatirkan kesehatannya. Namun, dia menyebut kekuatan mentalnya dapat mengatasi kelemahan fisik apa pun.

Djokovic pun mengungkapkan kehebatan tim fisioterapisnya membuatnya bisa pulih dengan baik, meski sempat tremor sebelumnya. Dia yakin tak ada batas yang menghalangi motivasinya untuk juara karena itu tergantung pola pikir dari petenis itu sendiri.

Novak Djokovic

"Apa yang bisa saya katakan? Saya memiliki fisio yang hebat. Saya memiliki tim yang hebat. Saya memiliki rutinitas yang bekerja dengan sangat baik untuk saya dalam hal pemulihan,” jelas pemenang 21 gelar Grand Slam itu.

“Saya pikir yang terpenting adalah apa yang Anda katakan kepada diri sendiri. Kami membicarakannya. Saya pikir seseorang bertanya kepada saya setelah melawan Medvedev ‘Di manakah batasnya?’ Saya benar-benar merasa bahwa batas seringkali hanya ada dalam pikiran dan perspektif Anda,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini