Share

5 Manfaat Olahraga Lari Sore, Nomor 1 Berguna untuk Orang yang Sulit Tidur

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 43 2682093 5-manfaat-olahraga-lari-sore-nomor-1-paling-berguna-untuk-orang-yang-sulit-tidur-Q82bKXURNh.jpg 5 Manfaat Olahraga Lari Sore. (Foto: Instagram/alicasmd)

5 manfaat olahraga lari sore akan dibahas Okezone di artikel ini. Lari merupakan salah satu olahraga yang tergolong ke dalam olahraga kardio atau olahraga aerobik, sehingga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, lari juga dapat membakar kalori, memperkuat otot dan tulang, dan menjaga kebugaran tubuh. Pada umumnya, orang-orang melakukan lari di pagi hari.

Dengan adanya sinar matahari pagi yang tentunya masih sehat dan udara yang masih segar menjadi pertimbangan bagi beberapa orang untuk melakukan lari di pagi hari.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak memiliki waktu luang di pagi hari. Sehingga orang-orang tersebut lebih memilih lari di waktu sore atau bahkan malam hari.

Tapi, apakah manfaat lari di sore hari sama seperti lari di pagi hari? Menurut sebuah studi dari Journal of Strength and Conditioning Research, waktu terbaik untuk berlari adalah ketika suhu tubuh berada di titik tertinggi dan otot di titik paling lentur yaitu pada pertengahan hari hingga sore hari.

Berikut 5 Manfaat Olahraga Lari Sore:

5. Mengurangi Stress

Ilustrasi Stress

Manfaat lari sore yang pertama yakni mengurangi stress. Setelah beraktivitas seharian, tidak jarang jika tubuh kita akan terasa lelah dan sehingga pikiran akan mudah stress. Lari di sore hari bisa menjadi cara untuk menghilangkan penat dan juga meredakan stres. Selain itu, olahraga lari juga dapat memicu hormon endorfin yang memiliki peran untuk membuat pikiran menjadi lebih bahagia.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Lari

Olahraga lari atau jogging termasuk ke dalam olahraga kardio, yang artinya baik untuk kesehatan jantung. Karena ketika berlari, otot-otot yang ada di jantung akan bekerja sangat keras sehingga membuatnya menjadi lebih kuat.

Walaupun olahraga lari itu baik untuk jantung, namun kamu juga harus memahami kondisi tubuhmu sendiri untuk memilih porsi lari yang tepat. Karena akan menimbulkan efek tidak baik untuk tubuh jika terlalu dipaksa.

3. Membakar Kalori

Ilustrasi Lari

Manfaat lari sore yang selanjutnya adalah dapat membantu membakar kalori. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga lari memiliki peran penting untuk mencegah tubuh menimbun kalori yang berlebih. Karena ketika berlari, tubuh akan mengambil kalori dan menggunakannya sebagai energi.

Jika lari sore, kita dapat membakar banyak kalori karena kalori tersebut dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi pada pagi hari dan siang hari. Sedangan jika kita lari pagi, kemungkinan besar kalori dari makanan jarang terbakar terutama kalori makanan pada siang hari sehingga pada akhirnya akan menumpuk di dalam tubuh.

2. Membuat Daya Tahan Tubuh Semakin Kuat

Ilustrasi Lari

Dengan kita rutin melakukan lari di sore hari, tentunya akan memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan jika terkena penyakit pun proses penyembuhannya akan cepat.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi Lari

Manfaat lari sore yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebenarnya tidak hanya lari sore saja yang dapat meningkatkan kualitas tidur, olahraga lain pun dapat meningkatkan kualitas tidur. Akan tetapi, olahraga lari pada sore hari mempunyai efek yang sedikit berbeda.

Selesai lari, pastinya tubuh akan terasa lebih rileks dan peredaran darah, saraf-saraf pun menjadi lancar. Dan olahraga yang dilakukan ketika menjelang waktu istirahat, dapat membuat tidur menjadi lebih mudah dan juga nyenyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini