Share

Jadwal Balapan Makin Banyak di MotoGP 2023, Aleix Espargaro: Ini Awal dari Kehancuran

Rio Eristiawan, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2022 02:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 38 2678566 aleix-espargaro-protes-keras-dengan-jadwal-motogp-2023-lEW5CA4o1a.jpg Pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro. (Foto: MotoGP)

BURIRAM - Pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro protes keras dengan adanya penambahan balapan di MotoGP 2023. Sebab dengan semakin banyaknya jadwal balapan, maka ia merasa itu justru akan menjadi awal dari kehancuran MotoGP.

Sebelumnya, Dorna Sports telah merilis kalender sementara MotoGP 2023. Meski masih sementara, tetapi terdapat dua seri baru, yakni MotoGP India dan Kazakhstan untuk balapan di musim depan.

Aleix Espargaro

Sebelum di MotoGP 2022 terdapat 21 seri, sekaligus menjadi yang terbanyak dalam sejarah MotoGP sejak bergulir pada 1949. Namun 21 seri tersebut batal digelar, karena MotoGP Finlandia ditiadakan.

Sementara jumlah kalender MotoGP 2023 mendapatkan respon yang kurang mengenakan dari Espargaro karena menurutnya balapan akan sulit dengan jumlah di seri luar Eropa lebih banyak digelar. Ia menjelaskan dalam 10 atau 12 tahun kedepan akan banyak para pembalap yang pensiun lebih cepat.

"Kejuaraan akan sulit dan dengan banyak balapan di luar Eropa. Anda akan melihat bahwa dalam sepuluh atau dua belas tahun ke depan, usia pensiun para pembalap MotoGP akan lebih cepat," kata Espargaro dilansir dari Motosan, Sabtu (1/10/2022).

Pembalap asal Spanyol itu pun memiliki firasat buruk untuk MotoGP 2024 karena menurutnya jumlah balapan bakal lebih banyak, akibat adanya ketertarikan dari negara-negara di luar Eropa tertarik masuk ke dalam kalender. Ia pun menyebut dengan banyaknya balapan dalam satu musim membuatnya menilai sebagai awal dari kehancuran MotoGP.

Aleix Espargaro

"Saya punya firasat bahwa 2024 akan menjadi lebih buruk. Ada banyak negara di luar Eropa yang tertarik dengan kejuaraan dan saya pikir di masa depan kami akan menjalankan lebih dari satu dan dua balapan di Amerika Serikat. Ini hanyalah awal dari kiamat," jelasnya.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini