Share

Mengupas Sejarah Siapa Pencipta Silat Cimande

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 43 2676197 mengupas-sejarah-siapa-pencipta-silat-cimande-RWWzbSMt4J.jpg Mengupas sejarah siapa pencipta Silat Cimande (Foto: ANTARA)

MARI mengupas sejarah siapa pencipta Silat Cimande yang tak banyak orang tahu. Silat menjadi salah satu kesenian sekaligus cabang olahraga asli Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu.

Silat atau pencak silat sendiri diketahui terdapat beragam arus, salah satunya adalah Silat Cimande. Tak banyak yang tahu arus pencak silat ini ternyata salah satu yang tertua dan diyakini telah melahirkan berbagai perguruan silat di Indonesia bahkan di luar negeri.

Pencak Silat

Lantas, bagaimana sejarah siapa pencipta silat Cimande? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

Sejarah Siapa Pencipta Silat Cimande

Perlu diketahui, banyak versi yang menjelaskan tentang berdirinya pencak silat ini. Semua komunitas Maenpo Cimande sepakat tentang siapa penemu Maenpo Cimande yang mengarah kepada Abah Khaer atau Mbah Kahir. Namun yang sering diperdebatkan adalah dari mana asal Abah Khaer dan dari mana beliau berusaha bisa Maenpo.

Menurut Bapak Rifai selaku guru Pencak Silat Cimande Panca Sakti di Jakarta pada 1993. Pencak silat arus Cimande pertama kali diciptakan oleh seorang Kyai bernama Mbah Kahir.

Mbah Kahir adalah seorang pendekar Pencak Silat yang disegani pada masanya. Pada pertengahan zaman ke XVIII (kira-kira tahun 1760), beliau pertama kali memperkenalkan kepada murid-muridnya jurus silat.

Oleh sebab itu, Mbah Kahir dianggap sebagai guru pertama silat Cimande. Bahkan, pahlawan Betawi, Si Pitung dipercaya juga berasal dari arus perguruan silat ini.

Terdapat beragam versi cerita tentang asal Abah Khaer, yang diyakini paling benar sebab terdapat sedikit bukti-bukti tertulis dan tempat adalah berasal dari Kampung Tarik Kolot, Cimande, Bogor.

Silat Cimande

Diceritakan, Abah Khaer adalah murid dari Abah Buyut atau dalam bahasa Indonesia artinya leluhur. Hal itu dibuktikan di Tanah Sareal terletak makam leluhur Maenpo Cimande yaitu Abah Buyut, Abah Rangga, Abah Khaer, dan lainya.

Abah Khaer mulanya berprofesi sebagai pedagang, sehingga sering berkunjung ke beberapa kawasan, terutama Batavia. Kala itu sekitar 1700-1800 perjalanan Bogor-Batavia tidak semudah sekarang, bukan hanya perampok, namun juga Harimau, Macan Tutul dan Macan Kumbang. Tantangan itulah yang ikut membentuk beladiri yang diduduki Abah Khaer ini.

Di samping itu, di Batavia, Abah Khaer berkawan dan saling bertukar jurus dengan beberapa pendekar dari Cina dan dari Sumatera. Tentunya dengan kualitas dasar beladiri yang dimiliki dan tempaan kehidupan sehari-hari, secara tidak sadar membuatnya membentuk sebuah arus pencak silat yang dahsyat dan juga mengangkat namanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini