Share

Pengertian Squat Thrust Beserta Teknik dan Manfaatnya

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Senin 26 September 2022 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 43 2674771 pengertian-squat-thrust-beserta-teknik-dan-manfaatnya-rDbTiEyc8B.jpg Berikut pengertian Squat Thrust beserta teknik dan manfaatnya (Foto: Fluid Massage)

PENGERTIAN Squat Thrust beserta teknik dan manfaatnya akan diulas dalam artikel ini. Mengutip laman My Protein, squat thrust sendiri merupakan satu rangkaian latihan yang terdapat perubahan posisi di setiap gerakannya.

Sementara itu, tujuan adapun tujuannya pelatihan squat thrust untuk melatih otot bagian lengan dan juga kaki. Sebab, gerakan Squat Thrust ini bertumpu pada bagian tangan dan juga kaki.

Squat Thrust

Lantas, bagaimana cara melakukan squat thrust ini? Berikut teknik dalam melakukan squat thrust:

1. Posisi tubuh diawali dengan posisi seperti akan melakukan push up dengan lengan yang lurus.

2. Tarik dua lutut dan masukan ke antara lengan. Kemudian, kembalikan kaki ke posisi semula yaitu lurus.

3. Setelah itu, ulangi gerakan tersebut sampai dengan sekitar 1 menit, agar otot lengan dan kaki bisa terbentuk dengan baik.

4. Selain itu, bisa juga menambah gerakan yaitu dengan melakukan lompatan ke atas apabila kedua lutut sedang masuk diantara kedua lengan.

Berdasar teknik dalam melakukan squat thrust, ada 2 manfaat dari squat thrust itu sendiri, apa saja? Berikut 2 manfaat dari squat thrust:

1. Peningkatan Kesehatan Pinggul

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tujuan dari squat thrust ini adalah untuk melatih perubahan posisi tubuh jongkok ke berdiri. Sebab demikian, latihan ini akan meningkatkan kesehatan otot pinggul, supaya dapat terlepas dan bebas dari rasa nyeri pada bagian pinggul bawah serta lutut.

Squat Thrust

2. Membakar Kalori

Ketika squat thrust dilakukan, ada beberapa bagian tubuh yang bekerja dan bergerak lebih ekstra. Di antaranya, paha bagian belakang dan depan, perut, dada, lengan, bokong serta bahu.

Kombinasi gerakan tersebut praktis dapat membakar lemak dan kalori yang terkandung dalam tubuh. Oleh karena itu, squat thrust sangat cocok bagi orang yang sedang melakukan proses menurunkan berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini